Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Polandia Kirim 200 Tank ke Ukraina dan Berharap Diganti Tank Leopard Jerman, Berlin: Tak Semudah Itu

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 04:15 WIB
polandia-kirim-200-tank-ke-ukraina-dan-berharap-diganti-tank-leopard-jerman-berlin-tak-semudah-itu
Jerman, Selasa (24/5/2022), menolak disebut ingkar janji dalam menyediakan tank Leopard bagi Polandia untuk menggantikan 200 tank yang sudah dikirim Warsawa ke Ukraina. (Sumber: Wall Street Journal)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BERLIN, KOMPAS.TV — Jerman, Selasa (24/5/2022), menolak disebut ingkar janji dalam menyediakan tank Leopard bagi Polandia untuk menggantikan 200 tank yang sudah dikirim Warsawa ke Ukraina.

Seperti laporan Associated Press, Selasa, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan kepada media Jerman, Welt, dia "sangat kecewa" Berlin tidak memenuhi janjinya untuk mengirimkan tank Leopard kepada negaranya.

Berbicara setelah pertemuan dengan rekannya dari Polandia di Berlin pada Selasa, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan, masalah itu telah dibahas untuk menyelesaikan "kesalahpahaman."

Dia mengatakan, Jerman tidak dapat memasok senjata berat "segampang memencet tombol" karena ada banyak pertanyaan yang perlu dipertimbangkan, paling tidak senjata apa yang sebenarnya tersedia.

Baca Juga: Polandia Beli 250 Tank Abrams AS Senilai 4,75 Miliar Dolar, akan Digelar Dekat Rusia

Tank Leopard 2PL Polandia yang dibeli dari Jerman. Jerman, Selasa (24/5/2022), menolak disebut ingkar janji dalam menyediakan tank Leopard bagi Polandia untuk menggantikan 200 tank yang sudah dikirim Warsawa ke Ukraina. (Sumber: Wikipedia/Poland Defence Ministry)

Sementara Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau mengatakan, negaranya menyesalkan situasi terkait pengiriman senjata ke Ukraina “tidak sedinamis” seperti yang diharapkan. Tetapi mengakui bahwa “setannya terletak pada detail” dalam masalah ini.

Polandia memberikan 200 unit tank T-72 rancangan Soviet kepada Ukraina dengan harapan NATO, AS, dan Jerman akan mengisi kekosongan yang diakibatkan.

Jerman menyetujui beberapa pertukaran senjata berat dengan negara-negara sekutu seperti Slovenia dan Republik Ceko, yang pada gilirannya mengirim tank era Soviet yang lebih tua ke Ukraina.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.