Kompas TV olahraga kompas sport

Atlet Negara Tetangga Tergiur dengan Bonus yang Diterima Peraih Medali Indonesia di SEA Games

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 04:05 WIB
atlet-negara-tetangga-tergiur-dengan-bonus-yang-diterima-peraih-medali-indonesia-di-sea-games
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah) berfoto bersama dengan atlet bola basket putra dan putri Indonesia usai berlaga di SEA Games 2021 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022). Kontingen Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 69 medali emas, 91 medali perak dan 80 medali perunggu. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Fauzan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa atlet dari negara tetangga mengaku tak menyangka dan tergiur dengan jumlah bonus yang diterima atlet Indonesia jika berhasil meraih medali di SEA Games. 

Pemerintah Indonesia diketahui selalu menyiapkan bonus bagi atlet yang berhasil memenangkan medali di ajang multi event olahraga seperti SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade. 

Jumlahnya pun tak bisa disebut sedikit bahkan hanya untuk ajang 'sekelas' SEA Games sekalipun. 

Pada SEA Games 2019 lalu di Filipina, para atlet yang meraih medali diketahui mendapatkan bonus Rp500 juta untuk emas, Rp300 juta untuk perak, dan Rp150 juta untuk perunggu.

Ternyata, jumlah bonus tersebut terbilang sangatlah tinggi bagi sejumlah atlet dari negara tetangga. 

Dilansir dari Antara, sejumlah atlet dari negara seperti Malaysia, Filipina dan Vietnam mengatakan hanya menerima bonus tak sampai ratusan juta dalam kurs rupiah. 

Bahkan, mereka mengatakan tergiur untuk menjadi atlet di Indonesia karena bisa menerima bonus yang sangat besar. 

Baca Juga: Peroleh 69 Emas di SEA Games 2021, Indonesia Berakhir di Posisi Ketiga

"Wow, mereka bisa langsung menjadi jutawan!” kata atlet taekwondo asal Malaysia Jason Loo Jun Wei.

“Wah itu banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia,” kata atlet Filipina Jeordan Dominguez.

Sebagai perbandingan, Jason Loo Jun Wei yang meraih medali emas taekwondo kategori poomsae ganda campuran SEA Games 2019 menerima bonus 20.000 Ringgit Malaysia atau ekitar Rp66 juta. 

Sementara Jeordan Dominguez yang meraih emas di kategori gaya bebas poomsae menerima bonus 300 ribu peso atau sekitar Rp83 juta dari pemerintah Filipina. 

Sedangkan atlet taekwondo tuan rumah SEA Games 2021 Vietnam, Nguyen Dinh Khoi, mengungkapkan pemerintahnya juga memberi bonus kepada atlet sebesar 30 juta Vietnam Dong (Rp18 juta) untuk peraih emas, 20 juta Dong (Rp12 juta) untuk peraih perak, dan 10 juta Dong (Rp6 juta) untuk peraih perunggu.

Meski begitu, untuk para peraih medali di SEA Games 2021 ini, belum diketahui berapa jumlah bonus yang akan diterima oleh atlet Indonesia yang meraih medali. 

Namun Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali telah memastikan peraih medali SEA Games 31 yang baru saja berakhir tetap akan mendapat bonus dari pemerintah.

Baca Juga: Evaluasi SEA Games 2021 untuk Kontingen Indonesia



Sumber : Kompas TVAntara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.