Kompas TV regional berita daerah

Santri dan Lansia Ikuti Pelatihan Budidaya Lebah Madu

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:18 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dengan bimbingan tiga instruktur dari Asosiasi Perlebahan Indonesia, sekitar tiga puluh peserta terdiri dari lansia pensiunan dan santri Ma'had Aly Tahfidzul Qur'an Bina Madani, Moga, Pemalang, Minggu siang, antusias mengikuti pelatihan budidaya lebah madu lokal, di halaman rumah salah satu pengasuh pondok pesantren.

 

Para peserta memperoleh pengetahuan cara memanen madu dari sarang lebah. teknik yang membutuhkan ketenangan dan kesabaran ini diajarkan, agar lebah tidak menyerang saat dikeluarkan dari kotak maupun saat diambil madunya.

 

Peserta juga diberi pengetahuan mengenali ratu lebah, yakni lebah yang mengendalikan koloninya. pengenalan terhadap ratu lebah juga penting, untuk menjaga lebah mudah dijinakkan dan selalu berada dalam satu koloni.

 

Bahkan, saat tubuh disengat lebah madu, peserta diminta tetap tenang dan tidak melawan agar lebah tidak merasa terancam, yang bisa menjadikan serangan lebah akan semakin ganas.

 

Para peserta diharapkan dapat mengembangkan dan mempraktikkan pengetahuan yang telah diperoleh dari pelatihan, dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitar tempat tinggalnya,sehingga bisa menghasilkan pendapatan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x