Kompas TV video vod

Cegah Penyebaran Hepatitis Akut Anak, Unit Kesehatan Sekolah Diaktifkan!

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:15 WIB

Penulis : Shinta Milenia

KENDARI, KOMPAS.TV - Penyebaran penyakit hepatitis akut mulai dikhawatirkan lembaga pendidikan, lantaran potensi penularannya rawan menginfeksi anak – anak usia sekolah.

Pengelola sekolah pun di beberapa daerah lebih dini berupaya membentengi para anak didiknya dari ancaman penularan hepatitis yang masih misterius itu.

Di Kota Kendari, SMP Negeri 4 mengintensifkan penerapan protokol kesehatan dimana siswa tetap diwajibkan mengenakan masker dalam proses pembelajaran di sekolah.

Baca Juga: Kemenkes: Total Kasus Dugaan Hepatitis Akut Jadi 16 Pasien, Bertambah 2 Dari Banten dan Sulsel

Kepala SMP Negeri 4 Kendari, Madina mengatakan, pihaknya juga mengefektifkan unit kesehatan sekolah atau UKS yang difungsikan sebagai wadah pendidikan dan pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Di tengah ancaman penularan hepatitis akut ini, fungsi UKS dinilai penting karena kapasitasnya bisa mengedukasi pola hidup sehat ke anak didik dan upaya maksimal mencegah potensi penyakit hepatitis melalui program penyuluhan kesehatan dari petugas puskesmas setempat.

Waspada potensi penularan hepatitis akut di lingkungan pendidikan, sejalan dengan arahan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Kendari yang tengah menyiapkan imbauan penegakan prokes demi pencegahan penularan Covid-19 dan hepatitis misterius.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x