Kompas TV nasional aiman

Khasiat Lain Singkong: Padamkan Api - AIMAN

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:54 WIB

Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Jika Anda mendengar bahwa air bisa diubah menjadi bensin alias bahan bakar untuk kendaraan, apa yang terpikir oleh Anda? Ragu? Atau justru penasaran?

Seorang pria asal Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat, mendaulat dirinya mampu mengubah air menjadi bahan bakar. Temuan ini pun mengundang reaksi beragam. Ada yang mendukung, dan lainnya memilih untuk berposisi kontra terhadap temuan ini.

Untuk memberi jawaban yang pasti kepada khalayak ramai, wartawan senior KompasTV, Aiman Witjaksono, menemui langsung sang inovator ini, Aryanto Misel, di sebuah gang sempit di Desa Lemahabang.

Aiman pun menguji temuan pria ini. Ia bahkan mengendarai sebuah motor yang menggunakan alat pengubah air menjadi bahan bakar kendaraan tersebut. Bagaimana hasilnya? Apakah air benar-benar bisa diuabah menjadi bahan bakar

Aryanto ternyata tak hanya mencipta bahan bakar dari air. Dalam laboratorium kecilnya, ia menciptakan beberapa temuan lainnya. Bahkan, beberapa temuannya tersebut telah digunakan di berbagai negara.

Klaim Aryanto atas temuannya tentu perlu dikritisi lebih lanjut. Untuk itu, Aiman juga berbincang dengan peneliti di Laboratorium Motor Bakar, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Arifin Nur. Apakah mungkin yang dilakukan Aryanto ini?

Di bagian akhir, Aiman menemui Danrem 063/Sunan Gunung Jati, di Cirebon. Motor para Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayahnya menggunakan alat temuan Aryanto. Apakah benar kendaraan tersebut tidak menggunakan BBM yang lazim dikenal masyarakat? Dan bagaimana ia menanggapi kesangsian publik akan temuan ini? Ia menjawabnya dengan lugas pada Aiman.

Selengkapnya, saksikan dalam AIMAN, eksklusif! hanya di KompasTV, Independen Terpercaya. 
 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x