Kompas TV internasional kompas dunia

Bantah Arab Saudi Larang Warganya ke Indonesia Saat Ini, Ini Kata Kemlu RI

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:03 WIB
bantah-arab-saudi-larang-warganya-ke-indonesia-saat-ini-ini-kata-kemlu-ri
Ilustrasi bandara. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membantah Arab Saudi mengeluarkan larangan bagi warganya berkunjung ke Indonesia. (Sumber: KompasTV)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membantah Arab Saudi mengeluarkan larangan bagi warganya berkunjung ke Indonesia saat ini.

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan berkunjung ke Indonesia pada saat Covid-19 varian Delta memanas pada Juli 2021.

Keterangan itu disampaikan oleh Direktur Timur Tengah Direktorat Asia dan Afrika Kemlu Bagus Hendraning Kobarsyih kepada jurnalis KOMPAS TV Ihsan Abdilah, Selasa (24/5/2022).

“Terkait larangan Pemerintah Saudi (terhadap) warganya (untuk) berkunjung ke Indonesia, dari info yang kami terima, itu ketentuan sejak lama, Juli 2021. Ketika pandemi sedang ganas di Indonesia, saat itu varian delta,” ucap Bagus.

Bagus dalam keterangannya mengungkapkan telah menyampaikan kepada Pemerintah Arab Saudi bahwa kondisi Indonesia saat ini sudah jauh lebih kondusif.

Baca Juga: Waduh, Indonesia Masuk Daftar 16 Negara yang Dilarang Didatangi Warga Arab Saudi

“Kami menyampaikan kepada Pemerintah Arab Saudi, kondisi sekarang sudah jauh berbeda. (Indonesia saat ini) dengan positivity rate hanya 0.34 persen. Dan 80 persen penduduk kita sudah dapat vaksinasi saat ini,” ujarnya.

Dengan begitu, sambung Bagus, tidak ada lagi alasan bagi Pemerintah Saudi melarang warganya berkunjung ke Indonesia karena alasan pandemi.

“Kami sampaikan juga kepada perwakilan Kedutaan Besar Saudi di Jakarta dan rekan-rekan perwakilan di Arab Saudi untuk menyampaikan kepada otoritas terkait di Arab Saudi bahwa kondisi di Indonesia sekarang sudah sangat kondusif,” kata Bagus.

“Dan tidak membahayakan bagi siapa pun yang berkunjung ke Indonesia, baik itu dalam rangka bekerja, berlibur, atau menengok keluarganya,” lanjut Bagus.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x