Kompas TV nasional politik

Cak Imin Ingin Nyapres, Pengamat: Bahkan Elektabilitasnya sebagai Cawapres pun Masih Kurang Memadai

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 18:18 WIB
cak-imin-ingin-nyapres-pengamat-bahkan-elektabilitasnya-sebagai-cawapres-pun-masih-kurang-memadai
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Sumber: Dokumentasi PKB)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA Indonesia) Ray Rangkuti menilai peluang Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024, belum terlihat.

Ray Rangkuti mencermati elektabilitas Cak Imin bahkan masih kurang memadai.

“Hasrat dan keinginan Cak Imin jadi capres itu sah dan dari segi momentum juga ini waktu yang pas. Lewat dari ini, potensi Cak Imin untuk dicapreskan akan memudar,” ucap Ray menanggapi pertanyaan KOMPAS TV, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Peneliti Ungkap Kegagalan Cak Imin dan PKB di Pilpres 2024 Jika Berpolemik dengan PBNU

“Jadi bisa dipahami jika situasi ini benar-benar dioptimalkan oleh Cak Imin untuk bisa masuk bursa capres 2024. Masalahnya, apakah keinginan Cak Imin ini realistis?" tanyanya.

"Jawaban yang tersedia, belum terlihat peluangnya. Jauh dari yang diharapkan. Bahkan untuk elektabilitas sebagai cawapres (calon wakil presiden) juga masih kurang memadai,” tambah Ray.

Bahkan, sambung Ray, nama Cak Imin kalah melesat jika dibandingkan dengan sejumlah figur yang tidak memiliki partai politik.

“Nama-nama lain selain Cak Imin sudah jauh melesat sekalipun mereka tidak memiliki partai. Justru ini kelebihan mereka. Tidak punya partai tapi popularitas tinggi, sementara yang memiliki partai masih berada di level bawah,” kata Ray.

Baca Juga: Pengamat Politik Sebut Permintaan Cak Imin ke KIB Adalah Sindiran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x