Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Siap-siap, Matahari Tepat di Atas Kabah pada 27 dan 28 Mei, Begini Cara Verifikasi Arah Kiblat

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:10 WIB
siap-siap-matahari-tepat-di-atas-kabah-pada-27-dan-28-mei-begini-cara-verifikasi-arah-kiblat
Foto ilustrasi Kabah di Mekkah. Matahari akan kembali melintas tepat di atas Kabah pada tanggal 27 dan 28 Mei 2022 pukul 16.18 WIB, dan dapat digunakan untuk kembali menverifikasi arah kiblat. (Sumber: `AP Photo/Amr Nabil)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Matahari akan kembali melintas tepat di atas Kabah pada tanggal 27 dan 28 Mei 2022 pukul 16.18 WIB, dan dapat digunakan untuk kembali menverifikasi arah kiblat.

Mengutip keterangan tertulis Kementerian Agama (Kemenag), fenomena melintasnya matahari juga dikenal dengan istilah istiwa a’zham atau rashdul qiblah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menjelaskan, saat matahari tepat di atas Ka'bah, bayangan semua benda yang terkena sinar matahari akan menunjuk lurus ke arah kiblat.

Sehingga, peristiwa itu dapat dimanfaatkan untuk mengatur ulang atau menverifikasi arah kiblat.

Rashdul qiblah bisa dimanfaatkan untuk memverifikasi arah kiblat. Peristiwa alam ini terjadi pada 27 dan 28 Mei 2022 pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.”

Baca Juga: Kisah Mbah Bolong, Bikin Lobang di Masjid dan Melihat Kabah Langsung dari Surabaya

“Bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” terang Adib di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Dalam proses verifikasi arah kiblat, lanjut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya dalah benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus.

“Selain itu, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom. Bisa juga menggunakan jam digital di ponsel masing-masing,” ungkapnya.

Berikut cara penentuan arah kiblat saat matahari melintas di atas Ka'bah:

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV, Kemenag RI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x