Kompas TV nasional sosial

Aturan Baru Pencatatan Nama Minimal Dua Kata di KTP, Bagaimana yang Terlanjur? Ini Kata Dukcapil

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:13 WIB
aturan-baru-pencatatan-nama-minimal-dua-kata-di-ktp-bagaimana-yang-terlanjur-ini-kata-dukcapil
Ilustrasi kartu tanda penduduk elektonik (e-KTP). (Sumber: Dirjen Dukcapil Kemendagri)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum lama ini menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 73 Tahun 2022 tentang Pedoman Pencatatan Nama pada dokumen kependudukan.

Dalam Permendagri tersebut, salah satu aturannya yakni pencatatan nama pada dokumen kependudukan di mana disyaratkan jumlah kata paling sedikit dua kata.

Lantas bagaimana dengan nasib orang-orang yang sudah terlanjur memiliki nama dengan satu kata?

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrullah mengungkapkan aturan itu berlaku bagi warga yang akan mencatatkan dokumen kependudukan setelah Permendagri tersebut berlaku. 

Sebagai informasi, Permendagri No. 73 Tahun 2022 yang ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian pada 11 April 2022 ini diundangkan dan resmi berlaku mulai 21 April 2022.

"Bagi nama penduduk yang sudah tercatat pada data kependudukan sebelum diundangkannya pemendagri nomor 73 tahun 2022 maka dokumen yang telah terbit sebelumnya dinyatakan tetap berlaku," kata Zudan dalam keterangan resminya yang dikutip, Selasa (24/5/2022). 

Zudan menambahkan, nantinya bila setelah Permendagri ditetapkan ada anak lahir yang diberikan nama tidak sesuai dengan Permendagri maka akan diberikan pengertian untuk menyesuaikan.

Baca Juga: Dear Parents, Aturan Baru Pemerintah: Nama Anak Harus Mudah Dibaca dan Dilarang Hanya Satu Kata

Kendati demikian, dia menegaskan tidak ada paksaan dalam penerapan aturan tersebut. Sebab, kata Zudan, aturan penulisan nama minimal dua kata dalam dokumen kependudukan bersifat imbauan.

"Jika ada nama orang hanya satu kata, disarankan dan diimbau untuk minimal menggunakan dua kata," ujarnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tiga Warga Diseruduk Babi Hutan

Senin, 27 Juni 2022 | 18:02 WIB
Close Ads x