Kompas TV regional berita daerah

Sosialisasi Pencegahan Rabies Di Jembrana

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:10 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KOMPAS TV - Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Dan Pangan Bidang Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Feteriner menekankan, agar sesegera mungkin melakukan pencucian luka gigitan hewan penular rabies dengan sabun di air mengalir selama 15 menit. Langkah ini penting dilakukan, agar sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan, kuman dan virus rabies sudah hilang atau berkurang. Dan pastikan untuk melaporkan anjing atau HPR yang menggigit kepada petugas kesehatan atau keswan agar bisa memastikan apakah hewan tersebut rabies atau tidak.

Selain itu, diharapkan agar selalu mengikat atau mengkandangkan dan merawat hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dengan baik dan jangan sampai dilepas liarkan yang berpotensi tertular rabies.

Kabid Keswan dan Kesmafet I Wayan Widarsa mengakui, jika kasus gigitan anjing rabies sejak empat tahun terakhir di kabupaten Jembrana terus melonjak. Ditahun 2022 hingga bulan akhir bulan Mei ini saja, sudah terjadi 107 kasus gigitan anjing rabies di Kabupaten Jembrana.

Sementara itu, Putu Sukariani, salah satu peserta sosialisasi bahaya dan penanganan rabies asal Lingkungan Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung mengaku, mendapat pengetahuan baru tentang cara penanganan gigitan anjing rabies//

Dari data Dinas Kesehatan Jembrana ditahun 2022 hingga akhir bulan Mei ini sudah terjadi lebih dari 1.300 gigitan anjing yang terjadi di Kabupaten Jembrana.

 

 

 

 

#rabies #sosialisasirabies #jembrana

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ratusan Sapi Mulai Divaksin PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:15 WIB
Close Ads x