Kompas TV regional update

Produk-produk UMKM Solo yang akan Dipamerkan Gibran Rakabuming Raka di Paris

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 10:36 WIB
produk-produk-umkm-solo-yang-akan-dipamerkan-gibran-rakabuming-raka-di-paris
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat di Loji Gandrung, Senin (23/5/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjelaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang didukung oleh Shopee Indonesia akan memamerkan sejumlah produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di gelaran pameran di BHV Marais, Paris, Prancis pada 8 Juni hingga 15 Juli 2022.

Gibran menjelaskan, produk UMKM yang bakal ditampilkan adalah produk-produk pilihan dari Kota Solo, di antaranya batik, produk kesenian, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan, dan produk yang bersifat kreatif lokal.

"Produk UMKM kita, brand-brand lokal kita, salah satunya ya batik," kata Gibran dikutip dari Antara (23/5/2022).

Gibran menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan budaya dan produk UMKM, khususnya produk-produk yang sudah berstandar internasional.

"Untuk mempromosikan budaya kita, mempromosikan produk-produk UMKM, terutama produk unggulan yang sudah punya standar internasional," jelasnya.

Gibran menambahkan, produk-produk yang akan berangkat ke Paris, merupakan produk yang sudah diaktualisasi dengan Shopee Indonesia, selama beberapa waktu terakhir.

"Jadi di sana sudah banyak UMKM yang kita bina, kita inkubasi. Nah ini saatnya kita bawa barang-barang unggulan kita untuk pameran di luar negeri di kota Paris," kata Gibran saat ditemui di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Senin (23/5/2022) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Bantu Pemasaran UMKM, Pemkab Kediri Dirikan Gerai Inkubasi UMKM

Selain itu, menurut Gibran, BHV Marais juga turut mengurasi produk UMKM Solo yang akan dipamerkan.

"Sudah dikurasi oleh BHV juga, mereka kan lama di sini kemarin," imbuhnya.

Terkait jumlah produk UMKM yang akan dibawa, Gibran belum dapat menyampaikan angka pastinya.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan program Kampus UMKM Ekspor di Kota Solo, berkembang sangat baik sehingga layak untuk dipamerkan diluar negeri. 

"Tahun lalu kami menargetkan sepuluh ribu eksportir dari Solo, tercapai dalam kurun waktu kurang dari setahun dan sekarang lebih baik lagi, produk UMKM dari Solo ini, karya anak Indonesia dibawa ke kancah dunia," jelasnya saat di Loji Gandrung, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Gibran : Solo Bisa Jadi Pusat Pelatihan SDM Tesla

Selain produk, Gibran dan rombongan juga berencana untuk menampilkan kesenian lokal dan kontemporer dalam pembukaan pemeran itu. 

"Untuk acara pameran ini kami juga melibatkan Mas Eko Pece (penari asal Solo -red) dan kami juga mengajak Mbak Anggun (Anggun C. Sasmi penyanyi asal Indonesia yang menetap di Perancis -red)," kata Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira.

Tak hanya mengikuti pameran, selama lima hari di Paris, Gibran juga akan bertemu sejumlah pihak untuk membahas kerja sama sejumlah sektor.

"Lima hari, dengan beberapa rangkaian. Bertemu dengan UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa), Kedubes (Kedutaan Besar) Paris dan Wali Kota Paris juga," jelas Gibran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x