Kompas TV regional peristiwa

Banjir Rob Semarang: Ganjar Siapkan Penanganan Jangka Pendek, Wali Kota Dirikan Dapur Umum

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:02 WIB
banjir-rob-semarang-ganjar-siapkan-penanganan-jangka-pendek-wali-kota-dirikan-dapur-umum
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau salah satu titik banjir Rob di Semarang, Senin (23/5/2022). (Sumber: Dok Humas Pemprov Jateng)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo gerak cepat menangani banjir rob yang menerjang kawasan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah pada Senin (23/5/2022) siang.

Ganjar menuturkan penanganan dilakukan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota wilayah yang terdampak.

"Kita lakukan kesiapan dan penanganan secepatnya. Bersama BBWS, Pemkab dan pemkot yang terdampak kita siapkan evakuasi dan tempat pengungsi," kata Ganjar melalui akun Twitter resminya, Senin malam. 

Selain itu, dia menuturkan penanganan jangka pendek juga telah dilakukan, diantaranya yakni mendatangkan karung pasir dan pompa air. 

"Penanganan jangka pendek langsung kita siapkan dengan menurunkan karung pasir dan pompa air. Teman-teman dari BBWS, Pelindo, Walikota Semarang dan Demak juga langsung terjun. Kita sengkuyung dan tangani bareng tanggul laut yang jebol ini," jelasnya. 

Ganjar juga meminta kepada masyarakat yang berada pesisir pantai agar tetap waspada. 

Mengingat, kata dia, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberi peringatan akan terjadi gelombang laut yang cukup tinggi di beberapa wilayah termasuk di Jawa Tengah.

"Untuk saudara-saudaraku yang ada di wilayah pesisir Pantai, mohon tetap waspada. Karena BMKG memberi peringatan gelombang tinggi, baik di laut Utara maupun laut selatan," tegasnya. 

Baca Juga: Banjir Rob Semarang, Warga: Banyak Motor Terendam, Tak Mikir Barang-Barang yang Penting Selamat

Sementara itu, dikutip dari laman Pemprov Jateng, Ganjar juga telah meninjau salah satu titik banjir di Jalan Arteri Yos Sudarso, di atas jalan Ronggowarsito Semarang. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar Pranowo memerintahkan kepala daerah dan jajaran terkait di wilayah Pati, Demak, Kota Semarang dan Pekalongan, untuk menyiapkan posko darurat lengkap di wilayah yang terkena banjir rob.

“Seluruh pantura sekarang lagi kita minta koordinasi untuk standby, khususnya yang di Kota Semarang, Demak, terus di Pati juga ada, lalu di Pekalongan,” kata Ganjar.

Ganjar meminta pemda untuk menyiapkan tempat evakuasi dan posko lengkap yang terdiri dari kesehatan, kebencanaan, hingga dapur umum.


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x