Kompas TV regional berita daerah

Aksi Generasi Iklim Tanam Pohon di Pesisir Pantai

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 20:50 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Puluhan anak remaja melakukan aksi menanam pohon di pesisir pantai Dusun Mapaga Desa Labean yang terdampak banjir rob. Aksi ini merupakan aksi lanjutan di wilayah yang terdampak penurunan tanah di Desa Labean.

Jenis pohon butun menjadi satu pohon pilihan yang ditanam disepanjang pesisir pantai Mapaga Desa Labean. Pasca gempa pada 28 september silam, wilayah ini mengalami penurunan tanah. Akibatnya disaat tertentu selalu terjadi banjir rob sampai ke pemukiman warga.

Sadar dengan ancaman banjir rob itu, aksi generasi iklim yang terdiri dari anak usia remaja melakukan aksi penanaman pohon di wilayah pesisir pantai. Aksi ini menjadi aksi kedua setelah melakukan pembersihan pantai yang terdampak banjir rob.

Rahmi salah satu anak yang ikut dalam aksi itu menjadi salah satu korban banjir rob di desanya. Rahmi mengaku kesehatan dan pencarian keluarganya terganggu dampak dari bencana banjir rob itu.

Penanaman pohon ini telah dilakukan secara berkala baik oleh warga sekitar atau para relawan. Sebelumnya pada 28 september 2018 silam Desa Labean ini ikut terdampak bencana. Berada dekat dengan pusat gempa 7,4. Desa Labean menjadi satu titik yang mengalami penurunan tanah.

Menurut sejarah sebelum gempa tahun 2018, pada tahun 1960 an wilayah ini pernah dilanda tsunami. Olehnya Desa Labean menjadi salah satu wilayah sasaran mitigasi bencana di Sulawesi Tengah.

#AksiGenerasiIklim #BanjirRob #TanamPohon 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x