Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut: Investasi Elon Musk Butuh Proses dan Waktu yang Tidak Sebentar, Apalagi dengan Nilai Jumbo

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 19:09 WIB
luhut-investasi-elon-musk-butuh-proses-dan-waktu-yang-tidak-sebentar-apalagi-dengan-nilai-jumbo
Pertemuan antara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan Elon Musk di pabrik mobil listrik Tesla, Giga Factory Tesla, Austin, Texas. (Sumber: Instagram)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Direktur Utama (CEO) Tesla Elon Musk sangat tertarik untuk berinvestasi di industri nikel di Indonesia.

Menurut Luhut, Elon menilai industri nikel di Indonesia sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Ia menjelaskan, sejak pertemuan delegasi Indonesia di pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla di Austin, Texas, pada 26 April lalu, pihak Kemenko Marves dan tim dari Tesla yang ditunjuk Elon Musk terus melakukan negosiasi intensif.

"Tim dari Tesla bergerak sangat cepat. Mereka sudah datang ke Indonesia awal bulan ini, mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel, dan kita juga merespons dengan tidak kalah cepat untuk menunjukkan keseriusan dan support kita," ujar Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/5/2022) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gayung Bersambut! Elon Musk Berikan Tanggapan Positif Usai Pertemuannya dengan Presiden Jokowi

Meski demikian, Luhut menuturkan bahwa rencana investasi Tesla masih membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

"Tapi yang harus diingat, ini masih dalam tahap negosiasi, jadi sekali lagi, semua harus bersabar," lanjut Luhut.

Ia mengatakan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) telah menjalin komunikasi yang sangat baik dengan Elon Musk dan Tesla sejak dua tahun belakangan.

Hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dicapai antara Indonesia dengan pihak Tesla.

"Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menyentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan," kata Luhut.

Baca Juga: Diskusi Proyek Masa Depan Dengan Jokowi, Elon Musk: Suatu Kehormatan

Di sisi lain, ketika berkunjung ke pabrik SpaceX di Boca Chica, Texas beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo yang didampingi Luhut juga telah menyampaikan bahwa pembicaraan antara Indonesia dengan Elon Musk akan meliputi bahasan mengenai investasi, teknologi, dan inovasi.

Presiden Jokowi juga mengundang orang terkaya di dunia itu untuk datang ke Indonesia pada November 2022 untuk menghadiri forum The Business 20 atau B20 yang merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional.

Ajakan tersebut direspons baik oleh Elon Musk dengan mengatakan akan berkunjung ke Indonesia pada November nanti.

Baca Juga: Disebut Minati Bisnis Nikel Bahan Baterai Mobil Listrik, Elon Musk Kirim Tim ke Indonesia

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x