Kompas TV nasional berita utama

Jokowi: Presidensi G20 Indonesia Kami Manfaatkan untuk Memperjuangkan Kepentingan Negara Berkembang

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 18:14 WIB
jokowi-presidensi-g20-indonesia-kami-manfaatkan-untuk-memperjuangkan-kepentingan-negara-berkembang
Presiden Jokowi meminta masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia akan memanfaatkan Presidensi G20 untuk memperjuangkan kepentingan negara berkembang.

Pernyataan itu disampaikan Presiden RI Jokowi pada Pembukaan Sidang Komisi ke-78 UNESCAP, Istana Merdeka, Senin (23/5/2022).

“Presidensi G20 Indonesia kami manfaatkan untuk memperjuangkan kepentingan negara berkembang terutama bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi,” kata Presiden Jokowi.

“Kami berterima kasih atas dukungan dan kontribusi UNESCAP dalam upaya ini dengan bekerja bersama kita dapat mempercepat pemulihan kawasan dan dunia, menuju masa depan berkelanjutan, recover together recover stronger,” tambahnya.

Menurut Jokowi, sidang UNESCAP merupakan momen penting di tengah upaya kawasan untuk keluar dari tantangan besar akibat dari pandemi, perubahan iklim, dan perang.

Baca Juga: Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar, PDIP Tegaskan Pilihan Capres Hak Megawati

Sebab, kata Jokowi, pertama pertama ekonomi sejumlah negara Asia Pasifik belum pulih, masih di bawah tingkat pra pandemi.

Kemudian, 70 persen dari total pengangguran baru, terjadi di kawasan kita dan 85 juta penduduk kembali masuk ke jurang kemiskinan ekstem

“Yang kedua pertumbuhan ekonomi kawasan tahun ini sebagaimana prediksi IMF turun 0,5% menjadi 4,9%. Inflasi juga diperkirakan capai 8,7% naik 2,8% dari perkiraan semula,” ucap Presiden Jokowi.

“Yang ketiga pencapaian SDGS semakin tertunda, kawasan kita diperkirakan baru dapat mencapai SDGS paling cepat pada tahun 2065 dan menurut global climate race indeks 6 dari 10 negara paling terdampak perubahan iklim dan jangka panjang ada di Asia Pasifik,” tambahnya.

Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut Jokowi mendukung sepenuhnya upaya UNESCAP untuk memajukan agenda a common agenda to advancing suistanable development.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi pun menyampaikan beberapa pandangannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x