Kompas TV regional peristiwa

Asrama Haji Donohudan Siap Tampung Calon Jemaah Asal Jateng dan DIY, Persiapan Capai 85 Persen

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 16:26 WIB
asrama-haji-donohudan-siap-tampung-calon-jemaah-asal-jateng-dan-diy-persiapan-capai-85-persen
Asrama Haji Donohudan siap menampung calon jemaah asal Jawa Tengah dan DIY sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

BOYOLALI, KOMPAS.TV — Pengelola Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali bersiap menyambut calon jemaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2022.

Menurut Kepala Unit Pengelolaan Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto, persiapannya hingga hari ini, Senin (23/5/2022), telah mencapai 85 persen.

Diketahui, sekitar 15.477 jemaah akan mulai mengisi asrama haji mulai 3 Juni 2022 mendatang.

"Kami sudah mempersiapkan diri meski waktunya sangat pendek untuk persiapan. Namun, kini sudah mencapai sekitar 85 persen persiapan menyambut kedatangan para calhaj (calon haji) di asrama Donohudan pada tanggal 3 Juni mendatang," kata Bambang di Boyolali, seperti dikutip Antara, Senin (23/5).

Baca Juga: Menteri Agama Pastikan Layanan Katering Jamaah Haji Sesuai Standar Kesehatan

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penggunaan asrama di tahun ini merupakan kali pertama setelah dua tahun sebelumnya tidak digunakan karena pandemi COVID-19.

Menurut Bambang, belasan ribu calon jemaah dari dua provinsi yang akan menggunakan Asrama Haji Donohudan itu akan terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter).

Dia memastikan Asrama Haji Donohudan siap digunakan sebelum calon haji dalam kloter pertama dijadwalkan masuk ke asrama pada 3 Juni 2022.

"Para calon haji kloter pertama ini rencana datang masuk ke Asrama Haji Donohudan pada tanggal 3 Juni pukul 08.00 WIB dan mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali menuju Tanah Suci pada tanggal 4 Juni," katanya.

Ia menjelaskan, pengelola Asrama Haji Donohudan menyiapkan Gedung Mekah yang terdiri atas tiga lantai sebagai tempat singgah jemaah calon haji sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Gedung Mekah ada tiga lantai dan setiap lantai ada sebanyak 380 tempat tidur," katanya.

"Gedung Madinah lantai satu masih digunakan untuk Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC). Namun, untuk lantai dua dan tiga dapat digunakan untuk cadangan," imbuhnya.

Dalam proses persiapan, pengelola Asrama Haji Donohudan sudah menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan yang akan digunakan oleh jemaah dan petugas haji.

Bahkan, pengelola asrama juga akan berupaya memastikan jemaah haji menerapkan protokol kesehatan selama berada di asrama.

Untuk diketahui, jemaah haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Surakarta tahun 2022 lebih sedikit dibandingkan pada tahun 2019 karena kuota haji yang diperoleh dari Pemerintah Arab Saudi tidak sebanyak sebelumnya.

Setelah menghentikan sementara pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci pada 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19, tahun ini pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan jemaah haji dengan kuota sebanyak 100.051 orang atau sekitar separuh dari kuota haji tahun 2019.

Baca Juga: Kuota Haji Indonesia Tahun 2022 Tersisa untuk 2.531 Jemaah Cadangan, Begini Mekanisme Pengisiannya



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x