Kompas TV nasional politik

Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar, PDIP Tegaskan Pilihan Capres Hak Megawati

Senin, 23 Mei 2022 | 15:35 WIB
jokowi-beri-sinyal-dukung-ganjar-pdip-tegaskan-pilihan-capres-hak-megawati
Momen saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Rakernas ke-5 Projo di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Agung Bayuaji)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Pidato presiden Joko Widodo dalam kegiatan Rakernas ke 5 Projo yang menyebut kalimat “Meskipun yang kita dukung ada di sini” membuat sebagian publik berspekulasi ucapan tersebut adalah dukungan Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah untuk menjadi suksesornya di Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Bahkan Rakernas ke 5 Relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5./2022) lalu juga dimaknai sebagai dukungan terbuka kelompok pro Jokowi kepada Ganjar Pranowo.

Menanggapi hal tersebut, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menilai pidato Jokowi di Rakernas Projo itu bukanlah pernyataan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Tentang Kode Capres dari Jokowi di Rakernas Projo, Ganjar: Ora Nyebut Aku, Jangan GR

Seperti diketahui baik Joko Widodo maupun Ganjar Pranowo adalah kader partai berlambang kepala banteng tersebut.

Masinton menegaskan  sampai saat ini belum memutuskan untuk mendukung siapapun calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung untuk Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Dia menyatakan, sampai saat ini urusan memilih calon presiden dan wakil presiden dari PDIP, merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal itu sudah merupkan keputusan kongres partai untuk menyerahkan penentuan nama capres-cawapres yang diusung PDIP, oleh Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Jokowi Disebut-sebut Beri Dukungan ke Ganjar, Pengamat : Itulah Politik Panggung Depan

“Kalau PDI perjuangan kami memiliki rambu bahwa urusan calon presiden dan calon wakil presiden adalah ranah prerogatif ibu ketua umum”.

Menurutnya kegiatan relawan pendukung Jokowi itu pun bukanlah deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x