Kompas TV nasional sosial

Bertemu Andika Perkasa, Gus Yahya Sebut Akan Kembangkan Gerakan Bela Negara Antara NU dan TNI

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 15:04 WIB
bertemu-andika-perkasa-gus-yahya-sebut-akan-kembangkan-gerakan-bela-negara-antara-nu-dan-tni
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat bertemu Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Tsaquf, di kantor PBNU, Jakarta, Senin (25/3/2022). (Sumber: Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan mengembangkan gerakan bela negara antara NU dan TNI.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Tsaquf atau Gus Yahya di Kantor PBNU, Jakarta, Senin (23/5/2022), usai pertemuannya dengan Panglima TNI.

“Kami berdiskusi intens membangun gerakan bela negara. Akan kita kembangkan antara Nahdlatul Ulama dan TNI,” ujar Gus Yahya kepada awak media usai pertemuan.

Dengan pertemuan ini, ia berharap NU dan TNI saling bersinergi dalam menjaga persatuan, keutuhan, dan kondusifitas masyarakat.

“Sekaligus juga mengukuhkan harmoni di tengah masyarakat kita yang Bhinneka Tunggal Ika ini,” kata dia.

Baca Juga: 10 Prajurit Jadi Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia, Panglima TNI: Terlibat Harus Bertanggung Jawab

Sementara, Jenderal Andika mengaku dalam enam bulan ke belakang sejak menjabat sebagai Panglima TNI ia fokus melakukan orientasi internal.

Oleh sebab itu, dirinya baru sempat menemui Gus Yahya, dan kini saatnya melakukan orientasi di luar TNI.

Andika berpendapat PBNU merupakan salah satu organisasi yang harus didatanginya.

“Saya sowan ke Pak Kiai Yahya ini supaya saya tahu apa sebenarnya yang kemudian dilakukan dan scope dari kegiatan PBNU dan seperti apa yang disampaikan Pak Kiai, apa yang bisa kita lakukan bersama,” kata Andika.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menambahkan, tujuan kegiatan bersama tersebut tidak lain untuk membuat negara semakin kuat.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa: 10 Prajurit TNI Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia di Langkat

“Itu saja. Jadi nanti masih ada follow up detail-detail dan kerja sama setelah saya mengumpulkan internal dan melihat program kerja dan anggaran tahun ini,” kata Andika.

Untuk diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tiba di Kantor PBNU bersama rombongan sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung menggelar pertemuan dengan Gus Yahya di lantai 3.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x