Kompas TV nasional politik

Minta Vaksinasi Lengkap Calon Jemaah Haji Dikebut, Puan: Jangan Sampai Ada yang Gagal Berangkat

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 05:45 WIB
minta-vaksinasi-lengkap-calon-jemaah-haji-dikebut-puan-jangan-sampai-ada-yang-gagal-berangkat
Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan meminta pemerintah memastikan seluruh jemaah haji bisa beribadah ke tanah suci. (Sumber: Dok. Humas BPIP)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah untuk memastikan seluruh calon jemaah haji Indonesia tak terkendala masalah vaksinasi saat berangkat ke tanah suci.

Demikian kata Ketua DPR Puan Maharani, seperti yang diwartakan Antara, Minggu (22/5/2022).

Permintaan Puan ini didasari masih cukup banyaknya calon jemaah yang sudah mendaftar namun belum disuntik vaksin Covid-19 lengkap atau 2 dosis. 

"Sebagaimana kita ketahui, pemerintah Arab Saudi mensyaratkan vaksin dosis lengkap bagi seluruh jemaah haji. Di sisi lain, masih ada cukup banyak calon jemaah haji yang sudah terdaftar belum mendapatkan vaksin lengkap," kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, baru sekitar 76 persen calon jemaah yang sudah mendapatkan vaksin lengkap.

Untuk itu, Ketua DPP PDI Perjuangan ini meminta pemerintah mempercepat vaksinasi bagi calon jemaah yang belum mendapatkan vaksin lengkap.

"Oleh karena itu, ini harus segera dikebut dan menjadi prioritas. Jangan sampai nanti hanya karena masalah vaksin, umat gagal berangkat ke tanah suci," tegasnya.

Selain itu, pemerintah, kata Puan juga perlu mempersiapkan skema haji, termasuk terkait protokol kesehatan, agar nantinya tak ada kendala baik dalam proses pemberangkatan, ibadah di tanah suci, hingga kepulangan.

"Protokol kesehatan bagi para jemaah haji baik saat perjalanan maupun selama berada di tanah suci harus dipersiapkan sebaik mungkin," ucap dia.

Baca Juga: Kuota Haji Indonesia Tahun 2022 Tersisa untuk 2.531 Jemaah Cadangan, Begini Mekanisme Pengisiannya



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x