Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Indonesia Sedang Dilanda Gelombang Panas Atau Heatwave - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 12:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi yang menyebutkan Indonesia sedang dilanda fenomena cuaca gelombang panas atau heatwave. Informasi tersebut mengklaim, gelombang panas menyebabkan suhu meningkat drastis mencapai 40 hingga 50 derajat celcius saat siang dan malam hari.

Namun, setelah dicek kebenaran informasi yang beredar. Narasi yang menyebutkan kondisi gelombang panas di Indonesia adalah tidak benar atau hoaks.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG menyatakan, cuaca panas yang belakangan di rasakan di Indonesia bukan karena gelombang panas.

Deputi Bidang Meteorogi BMKG Guswanto menyatakan, berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius.

Sementara itu, suhu maksimum tertinggi 36,1 terjadi di wilayah Tanggerang Banten dan Kalimantan, yaitu Kalimantan Utara.

Adapun fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari dipicu salah satunya oleh posisi semu matahari yang saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator, yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.