Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Pria Tersengat Listrik Akibat Isi Baterai HP Sambil Minum Air - NEW OR HOAX

Kompas.tv - 23 Mei 2022, 12:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang pria tersengat listrik saat mengisi baterai ponsel dengan narasi yang menyatakan pria tersebut tersengat listrik karena minum air sambil charging baterai ponsel. Namun setelah dicek kebenaran informasi mengenai video tersebut, narasi yang beredar tidak benar atau hoaks.

Dari hasil penelusuran di goggle search menggunakan kata kunci drinking water while phone charging, menunjukkan bahwa video tersebut telah di debunk oleh pemeriksa fakta India.

Pemeriksa fakta India memastikan bahwa video tersebut bukan rekaman kamera CCTV, melainkan pertunjukkan yang sengaja dibuat dan direkam. Berita dengan video yang sama juga pernah di temukan beberapa waktu lalu.

Namun pernyataan tersebut telah dibantah oleh afp fack check. Dikutip dari laman afp fack check, Kepala Departemen Teknik Listrik Dan Elektronik Di Imperial College London menyatakan, frekuensi saluran daya listrik dalam jumlah kecil saat charging ponsel umumnta tidak berbahaya, namun resiko terbesar muncul saat charging ponsel menggunakan pengisi daya tiruan. Hal tersebut yang dapat menyebabkan ponsel terbakar.

Jadi video yang menyebutkan seorang kesetrum disaat minum air sedang charging ponsel adalah informasi tidak benar atau hoaks.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.