Kompas TV nasional peristiwa

Batik Air Buka Suara Usai Pesawat Gagal Terbang di Juanda, Sebut Aspal Amblas

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 17:43 WIB
batik-air-buka-suara-usai-pesawat-gagal-terbang-di-juanda-sebut-aspal-amblas
Pesawat Batik Air tengah parkir di Bandara Soekarno Hatta (Sumber: Abdur Rahim, Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat Batik Air penerbangan nomor ID-6309 di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur dilaporkan berhenti mendadak saat akan lepas landas, Minggu (22/5/2022).

Manajemen Batik Air mengungkapkan, peristiwa itu dikarenakan aspal landasan yang amblas.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, ketika pesawat telah bergerak menuju landasan pacu, pilot merasakan pergerakan tak biasa pada roda pesawat.

"Pilot merasakan pergerakan pada roda pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya (pesawat terhenti atau stuck), sehingga perlu dilakukan pengecekan," tuturnya dalam rilis yang diterima Kompas TV, Minggu.

Berdasarkan hasil pengecekan, Danang mengatakan, roda atau ban pesawat ternyata terhenti pada area aspal yang mengalami penurunan atau amblas.

Ia melanjutkan, pesawat sampai harus ditarik oleh tow truck atau kendaraan penarik untuk keluar dari jalur tersebut.

Baca Juga: Kronologi Pesawat Lion Air Kembali Mendarat Usai 15 Menit Terbang karena Insiden "Bird Strike"

"Hasil pengecekan, diketahui bahwa roda atau ban pesawat memasuki area aspal pada ujung landas pacu Juanda yang mengalami penurunan dari permukaan (agak amblas), sehingga pesawat perlu direposisi menggunakan kendaraan penarik (tow truck) untuk mempermudah keluar dari area landas pacu yang agak amblas," jelasnya..

Menurut Danang, pihaknya menarik kembali pesawat tersebut menuju landasan parkir untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta tersebut rencananya akan lepas landas pukul 09.10 WIB. Batik Air ID-6309 diketahui membawa 151 penumpang dan 6 kru.

Sebelum melakukan penerbangan, pihak Batik Air telah melakukan pemeriksaan teknisi dan pilot pada pesawat. Hasilnya pesawat tersebut dalam kondisi baik dan layak terbang.

"Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ID-6309 masih di hari yang sama (22/5). Pesawat berangkat pukul 12.58 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.13 WIB," pungkas Danang.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x