Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Amali Optimistis Kontingen Indonesia Finis di Urutan Ketiga Klasemen SEA Games 2021

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 16:09 WIB
menpora-amali-optimistis-kontingen-indonesia-finis-di-urutan-ketiga-klasemen-sea-games-2021
Menpora Zainudin Amali optimistis Indonesia akan finis di posisi 3 besar klasemen SEA Games 2021. (Sumber: Kemenpora.go.id)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku yakin kontingen Indonesia akan finis di posisi tiga besar klasemen SEA Games 2021. 

Saat berita ini ditulis, Minggu (22/5/2022) pukul 15.50 WIB, Indonesia menempati urutan ketiga klasemen SEA Games 2021 dengan raihan total 213 medali; 62 emas, 81 perak, 70 perunggu. 

Sementara itu, Indonesia berjarak 16 emas dari Thailand yang bercokol di urutan kedua, serta unggul 15 medali emas dari Filipina di peringkat keempat. 

Baca Juga: Tim Dayung Indonesia Panen Medali Emas di SEA Games 2021

“Kemungkinan bertahan di posisi tiga, tentu ini suatu yang membanggakan kita jika dibandingkan sebelumnya (SEA Games Filipina 2019),” kata Amali, dikutip dari Antara. 

Apabila membandingkan dengan prestasi di SEA Games 2019, capaian kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam ini jauh lebih baik. 

Hanya dengan mengirim separuh dari jumlah atlet yang berpartisipasi di SEA Games 2019 silam, Indonesia justru bisa bertengger di urutan ketiga klasemen. 

Menurut Amali, faktor terkuat perkembangan prestasi atlet-atlet Indonesia adalah berjalannya program DBON (Desain Besar Olahraga Nasional). 

Amali juga menyebut para atlet yang dikirim ke ajang olahraga multievent telah melalui seleksi ketat. 

“Yang dikirimkan jauh berkurang. Di Filipina ada 841 atlet dan dapat peringkat empat, di sini hanya separuhnya tapi dapat peringkat tiga,” sambung Menpora Amali.

Baca Juga: SEA Games 2021: Indonesia Juara Umum Cabor Panahan, Lampaui Target Awal

“Artinya kita menjalankan DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) dengan benar, karena semua yang dikirim ini di-review, tidak sekadar mengirim."

“Semisal, jika ketahuan ada atlet yang tidak fit maka akan disuruh recovery (pemulihan) dulu. Jadi bukan makin ringan persyaratannya yang akan kami terapkan kepada semua cabor (cabang olahraga),” tutupnya.
 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x