Kompas TV regional berita daerah

Kodam Pattimura Pecahkan Rekor Muri Makan Papeda Terpanjang dan Terbanyak

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:04 WIB
kodam-pattimura-pecahkan-rekor-muri-makan-papeda-terpanjang-dan-terbanyak
Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon,Menerima Piagam Museum Rekor -Dunia Indonesia (MURI) Kategori Makan Papeda Terbanyak dan Terpanjang di Ambon, Minggu ( 22/5). (Sumber: Kompas TV Ambon)

Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPASTV- Sempat tertunda beberapa waktu lalu, Kodam XVI/ Pattimura akhirnya bisa pecahkan rekor muri makan papeda penyajian terbanyak dan terpanjang diatas ikon kota Ambon,Jembatan Merah Putih, Minggu yang meruppakan jembatan terpanjang di wilayah Indonesia Timur (Minggu 22/05/2022).

Pemecahan rekor Muri ini juga dirangkai dengan senam sumba bersama yang dimeriahkan artis Ibukota dan flypass Atraksi terbang bebas pesawat TNI serta Formasi berbentuk Angka 23 angka usai kodam pattimura oleh kapal nelayan di laut teluk ambon,

Pemecahan rekor muri ini antaranya Penyajian sebanyak total 35.000 bungkus papeda beserta ikan kuah kuning  sepanjang 123 meter yang diatur rapih diatas meja untuk masyarakat yang hadir di kawasan JMP dan seluruh Kodim- Kodim jajaran Kodam XVI/ Pattimura  baik dari maluku hingga maluku utara yang serempak dilaksanakan secara live.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon dalam arahanya mengahturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada masyarakat Maluku dan Maluku Utara, serta seluruh pihak yang terlibat mendukung sehingga acara pemecahan rekor muri dunia makan papeda bisa terselenggara dengan aman dan lancar.

"Kenapa kami memilih Papeda, karena kami mengangkat makanan lokal  masyarakat Timur serta mengangkat kearifan lokal , Papeda mempunyai unsur perekat, analogi ini diharapkan Kodam XVI/ Pattimura selalu menjadi  perekat bangsa, sesuai yang selama ini kami kobarkan lewat Mutiara Pattimura" tutur tampubolon

Ukuran 123 meter dan 35.000 papeda bungkus yang disajikan memeliki makna, yaitu angka 1 melambangkan Kodam XVI/ Pattimura sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa sebagai pemersatu bangsa, sedangkan angka 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI/ Pattimura saat ulang tahun pada 15 Mei 2022.

Piagam rekor muri dan perayaan HUT ke-23 Kodam XVI/ Pattimura juga didedikasikan,khususnya untuk Alm. Kasdam Patimura Brigjen TNI Stepanus Mahury.yang meninggal dunia Sehari menjelang hut kodam pattimura Karena sakit.

"Kegiatan ini  juga hasil pemikiran  beliau Alm. Kasdam Patimura Brigjen TNI Stepanus Mahury beserta kami semua , maka acara ini kami dedikasikan kepada beliau atas segala gagasan positifnya, tentunya beliau akan bangga dan seluruh kontribusi positifnya akan kami lanjutkan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Maluku dan Maluku Utara" kata Pangdam.

Direktur operasional Muri, Yusuf ngadri mengatakan rekor muri kodam XVI Pattimura ini memecahkan rekor sebelumnya yang pernah di pecahkan oleh kota jayapura papua pada 5 maret 2020 lalu.

“rekor lama kota jayapura jumlah papeda yang disajikan sebanyak 11.000 bungkus,panjang 110 meter,sementara saat ini untuk kodam XVI Pattimura Papeda yang disajikan 35.000 bungkus,panjang 123 meter. “Ungkap Yusuf ngadri.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x