Kompas TV regional politik

Pengamat Sebut Jokowi Punya Pengaruh Kuat Menangkan Capres, 2 Nama Ini Dinilai Kandidat Terkuat

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 03:23 WIB
pengamat-sebut-jokowi-punya-pengaruh-kuat-menangkan-capres-2-nama-ini-dinilai-kandidat-terkuat
Presiden Jokowi memberi keterangan soal kunjungannya ke Amerika Serikat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022) (Sumber: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut memiliki pengaruh dan kekuatan untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik Arif Nurul Imam. Arif mengatakan Jokowi punya pengaruh besar karena otoritas dan jabatannya, ia masih memiliki kewenangan.

Baca Juga: Kata Ganjar Soal Jokowi Sebut Mungkin yang Didukung 2024 Hadir di Rakernas Projo

"Pada Pemilu Presiden 2024, Joko Widodo sebagai Presiden tentu masih memiliki pengaruh dan kekuatan," kata Arif saat dihubungi pada Sabtu (21/5/2022).

"Hal tersebut karena dengan otoritas dan jabatannya masih memiliki kewenangan."

Selain itu, kata Arif, Jokowi juga memiliki simpatisan dan barisan sukarelawan yang siap mendukung siapa pun mengikuti arahan Jokowi.

Arif memaparkan ada sejumlah nama kandidat calon presiden atau capres saat ini yang berpotensi dilirik oleh Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Bagikan Bantuan pada Warga Magelang Hingga Arahan Dukungan Relawan Projo saat Pilpres 2024

Itu antara lain Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno. Namun, dari beberapa nama itu, yang sering dipanggil Jokowi adalah Prabowo dan Ganjar.

Sementara itu, kandidat lain, seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno, secara riil dari modalitas elektabilitas mereka hanya kelas calon wakil presiden.

"Kalau dari sinyal-sinyal politik kemungkinan arahnya ke Prabowo atau Ganjar, meski hal tersebut masih tentatif," ucap Arif.

"Jokowi dan sukarelawan tentu akan memilih pasangan calon capres dan cawapres yang sevisi dan meneruskan program kerja Jokowi selama dua periode."

Baca Juga: Saat Jokowi Sebut 'Mungkin yang Kita Dukung Ada di Sini' saat Rakernas V Projo di Magelang

Arif menambahkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan mendapat tiket dukungan Jokowi dan sukarelawan, harus memiliki program terkoneksi dengan program yang telah dikerjakan Jokowi.

Misalnya, setelah tol Pulau Jawa, bagaimana jalan tol tersebut selain menciptakan konektivitas juga memunculkan daerah kawasan pertumbuhan baru. Sebagaimana visi Jokowi yang belum terwujud.

"Saya kira yang sinyal-sinyal mau melanjutkan Jokowi ada dua tokoh tadi, yakni Prabowo dan Ganjar. Hanya melihat dinamika apakah kepada Prabowo atau Ganjar atau malah bisa jadi mereka berpasangan," katanya.

Baca Juga: Jokowi Sebut “Yang Kita Dukung Ada di Sini”, Projo Teriakkan Nama Ganjar Pranowo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x