Kompas TV religi beranda islami

Niat Puasa Senin Kamis, Dilengkapi 5 Khasiatnya bagi Tubuh Secara Sains

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 05:05 WIB
niat-puasa-senin-kamis-dilengkapi-5-khasiatnya-bagi-tubuh-secara-sains
Ilustrasi berpuasa. Berikut ini merupakan niat puasa senin dan niat puasa kamis beserta khasiatnya bagi tubuh. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan niat puasa Senin dan niat puasa Kamis yang bisa diamalkan. Selain itu, dilengkapi dengan khasiat berpuasa bagi tubuh jika dilakukan dengan istikamah dan rutin secara sains. 

Namun, sebelum pembahasan soal khasiat puasa bagi tubuh, pernahkah bertanya, Kenapa umat Islam disunahkan untuk puasa Senin dan Kamis? Ternyata, sunah puasa Senin dan Kamis ini karena dua hari itu memang istimewa.

Puasa Hari Senin, misalnya, Nabi Muhammad kerap berpuasa dan juga melakukannya pada puasa hari Kamis.

Suatu ketika beliau ditanya tentang anjuran berpuasa hari Senin dan puasa hari Kamis. 

Lalu beliau menjawab dalam sebuah hadis, "Itu adalah aku dilahirkan, hari diutus atau diturunkannya wahyu kepadaku." (HR. Muslim).

Sedangkan hari kamis sendiri adalah hari baik untuk puasa. Sabda Nabi: Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa. (HR. Tirmidzi).

Selain sunah Nabi, secara sains puasa secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat seperti halnya beberapa penelitian sains di bawah ini. 

Baca Juga: Batas Waktu Puasa Syawal, Dilengkapi Tata Cara dan Niat Puasa: Arab, Latin dan Terjemahan

5 Khasiat Rutin Puasa secara Sains 

Berpuasa ternyata bagus bagi tubuh kita, apalagi jika dilakukan dengan istikamah atau rutin. Puasa Senin dan Kamis misalnya, akan jadi aktivitas rutin kita sebab selain bernilai

Dilansir dari kompas.com berikut ini merupakan 5 manfaat berpuasa secara rutin. 

1. Meningkatkan kontrol gula darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa, dapat mengontrol gula darah yang berguna bagi orang yang memiliki risiko diabetes.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x