Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sebut Pemerintah Terus Tahan Agar Harga Pertalite Tidak Naik, Ini Alasannya

Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:54 WIB
jokowi-sebut-pemerintah-terus-tahan-agar-harga-pertalite-tidak-naik-ini-alasannya
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut kepala negara, pemerintah terus menahan agar harga pertalite tak naik. (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV – Di tengah kondisi kenaikan harga minyak dunia dan komoditas energi lainnya, Pemerintah berupaya menahan agar harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite tidak naik. 

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional V relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

“Yang namanya Pertalite ini, kita tahan-tahan betul agar tidak naik dan harganya tetap di angka Rp7.650 (per liter),” kata Jokowi dalam acara itu. 

Baca Juga: Pertalite Jadi Naik Enggak Sih? Ini Kata Erick Thohir

Seperti dilansir Antara,  Presiden Jokowi membandingkan harga BBM di Indonesia dengan harga di negara-negara lain.  

Harga BBM di negara lain telah meningkat karena tekanan harga komoditas energi di pasar global sebagai dampak eskalasi perang antara Rusia dan Ukraina.

Kenaikan harga BBM di negara lain, disebutkan Presiden, jauh melebihi harga BBM di Indonesia.

Pemerintah dapat mempertahankan harga BBM Pertalite saat ini dengan memberikan subsidi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Saya lihat misalnya di Jerman, bensin sudah Rp31 ribu, sudah hampir dua kali lipat, di Singapura Rp32 ribu, di Thailand Rp20.800, (harga) ini kalau saya rupiahkan. Di Amerika Rp18 ribu kurang lebih. Kita masih Rp7.650 (Pertalite),” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok Pertalite di Pantura Demak Aman


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x