Kompas TV nasional peristiwa

Ada Switch Over di Stasiun Manggarai, Begini Perubahan Rute dan Pola Operasi KRL Commuterline

Kompas.tv - 21 Mei 2022, 13:42 WIB
ada-switch-over-di-stasiun-manggarai-begini-perubahan-rute-dan-pola-operasi-krl-commuterline
Ilustrasi KRL Commuterline. Rute dan pola operasi KRL Commuterline mengalami perubahan setelah Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan switch over (SO) Ke-5. (Sumber: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah rute dan pola operasi KRL Commuterline mengalami perubahan setelah Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan switch over (SO) ke-5.

Kegiatan SO 5 ini dilakukan di Stasiun Manggarai pada Jumat (27/5/2022) hingga Sabtu (28/5/2022). SO 5 dilakukan untuk melakukan penataan dan pengkondisian jalur kereta api.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus menjelaskan pelaksanaan SO 5 ini.

Baca Juga: Penumpang KRL Yogyakarta-Solo Dikenai Sejumlah Aturan Seiring Penambahan Kapasitas

“Kami memanfaatkan window time atau waktu jeda antara jam operasional kereta yang dimulai setelah kereta terakhir selesai beroperasi dan sebelum kereta pertama memulai perjalanan di esok harinya untuk pengerjaan SO 5 ini,” kata Rode, mengutip Antara, Sabtu.

SO 5 dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara atau temporary track di Jalur 1 dan Jalur 2.

Untuk Jalur 3 akan ditutup, sistem persinyalan akan diganti, dan jaringan listrik aliran atas (JLAA) akan diganti untuk menyesuaikan perubahan jalur.

Setidaknya ada delapan titik pengerjaan yang dilakukan secara bersamaan saat SO 5 dilakukan. Pihak balai juga akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur 2 yang menjadi temporary track dengan existing track.

Dengan adanya SO 5, maka akan ada penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai, di mana Jalur 1 dan Jalur 2 hanya akan digunakan untuk Kereta Api Jarak Jauh, sementara Jalur 3 dinonaktifkan.

Adapun, KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7. Lintas Bogor Line dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

Baca Juga: Tambah Kapasitas Penumpang KRL Jadi 80 Persen, KAI Commuter: Prokes Tetap Berlaku



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.