Kompas TV internasional kompas dunia

Peringati Aksesi, Perusahaan Finlandia Ini Rilis Bir NATO, Disebut Bercita Rasa Keamanan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 00:15 WIB
peringati-aksesi-perusahaan-finlandia-ini-rilis-bir-nato-disebut-bercita-rasa-keamanan
Kaleng bir bermerk OTAN yang diproduksi Olaf Brewing untuk menandai dimulainya proses aksesi Finlandia ke dalam NATO. Foto diambil di Savonlinna, Finlandia pada 17 Mei 2022. (Sumber: Soila Puurtinen/Lehtikuva via AP)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

HELSINKI, KOMPAS.TV - Olaf Brewing, sebuah perusahaan pembuat bir di Finlandia, meluncurkan produk baru untuk menandai dimulainya aksesi Finlandia ke dalam NATO. Perusahaan ini membuat produk bir bertema NATO, dinamai OTAN.

Sebagaimana diwartakan Associated Press, Kamis (19/5/2022), kemasan dagang bir OTAN dari Olaf Brewing ini berwarna biru dan menampilkan seorang ksatria abad pertengahan dalam bentuk kartun, lengkap dengan zirah baja dengan gambar simbol kompas NATO.

Nama merk bir itu adalah permainan kata dari ungkapan Finlandia, “Otan olutta,” yang berarti “Saya mau minum bir,” dengan singkatan NATO dalam bahasa Prancis, OTAN. 

Bahasa Prancis sendiri diakui sebagai salah satu bahasa resmi NATO selain Inggris.

Baca Juga: Biden Tak Peduli Ditentang Turki dan Kroasia, Dukung Penuh Finlandia-Swedia Gabung NATO

CEO Olaf Brewing Petteri Vanttinen menyebut peluncuran bir ini dipengaruhi oleh “kekhawatiran akan perang di Ukraina” serta konsekuensinya bagi Finlandia.

Menurutnya, bir OTAN produksi Olaf Brewing bercita rasa “keamanan, dengan sedikit kebebasan.”

Olaf Brewing juga menyampaikan bahwa produk birnya dibuat untuk menghormati kota Savonlinna, tempat asal perusahaan pembuat bir itu yang terletak beberapa puluh kilometer dari perbatasan Rusia.

Salah satu ikon Savonlinna adalah Kastil St. Olaf, bangunan abad pertengahan yang berdiri sejak 1475, kini dijadikan tempat festival opera tahunan.

“Savonlinna, kampung halaman kecil kami, selalu berdiri di perbatasan antara Timur dan Barat. Banyak pertempuran telah terjadi di area kota itu dan Kastil St. Olaf,” tulis pernyataan Olaf Brewing via Twitter.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x