Kompas TV nasional peristiwa

Terinjak-injak Massa Aksi, Kapolsek Gambir Jadi Korban Kericuhan di Patung Kuda

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 23:53 WIB
terinjak-injak-massa-aksi-kapolsek-gambir-jadi-korban-kericuhan-di-patung-kuda
Ilustrasi aksi mahasiswa di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat mengakibatkan Kapolsek Gambir Rango Siregar menjadi korban kericuhan, Jumat (20/5/2022).(Sumber: Istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi mahasiswa di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat mengakibatkan Kapolsek Gambir Kompol Rango Siregar menjadi korban kericuhan, Jumat (20/5/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terjadi aksi saling dorong antara petugas dengan massa yang tidak diketahui asalnya dan bukan kelompok mahasiswa.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin, insiden saling dorong mengakibatkan Kapolsek Gambir terjatuh dan terinjak-injak massa aksi. Selain Rango, ada satu petugas lain yang juga jadi korban.

“Untuk saat ini Kapolsek Rango sedang ditangani di rumah sakit,” ujar Komarudin, dikutip dari Tribunnews.com.

"Tadi sempat terjadi dorong-dorongan dan sempat jatuh, kemudian diinjak oleh massa," imbuhnya.

Baca Juga: Imbas Unjuk Rasa Buruh di Kawasan Patung Kuda, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Rute

Sebelumnya, aksi mahasiswa yang digelar di kawasan Patung Kuda, tepatnya di depan Monas, Jakarta Pusat berlangsung ricuh. Polisi mengamankan 26 orang yang dipastikan bukan merupakan kelompok mahasiswa.

"Yang kita amankan sebanyak 26 orang dan bukan kelompok mahasiswa," kata Komarudin.

Kronologi 

Semula, aksi penyampaian pendapat berlangsung damai. Namun, tiba-tiba ada sekelompok orang yang tak diketahui asalnya, menerobos barisan.

"Jadi kronologi saat aksi berlangsung, ada kelompok baru yang memasuki aksi. Mereka memaksakan diri menerobos barisan petugas yang saat itu sedang mengamankan atau memisahkan aktivitas masyarakat dengan yang aksi," terang Komarudin.

Baca Juga: Demo Buruh dan Mahasiswa di Patung Kuda, Polda Metro Tutup Akses Jalan Medan Merdeka Menuju Istana

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui secara pasti aliansi mahasiswa yang menggelar aksi di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat dan tuntutan apa yang disampaikan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.