Kompas TV nasional peristiwa

Kisah Tiga WNI Bersepeda ke Makkah untuk Haji, Kini Sampai Bangkok

Jumat, 20 Mei 2022 | 22:44 WIB
kisah-tiga-wni-bersepeda-ke-makkah-untuk-haji-kini-sampai-bangkok
Tiga WNI bersepeda ke Makkah untuk haji itu sekarang berada di Bangkok, Thailand, pada Jumat (20/5/2022). (Sumber: KBRI Thailand)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga WNI asal Indonesia yang bersepeda menuju ke Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan niatnya beribadah haji saat ini sudah sampai di Bangkok, Thailand. Mereka pun singgah di KBRI Bangkok pada Jumat (20/5/2022).

Ketiga pesepeda tersebut yaitu Andi Harvin (27) dan Chairul Ma’atini (27) Gorontalo dan Muhammad Fauzan (28) asal Magelang, Jawa Tengah.

Andi Harvin bersama Chairul telah meninggalkan kampung halamannya di Gorontalo sejak Juni tahun lalu, sementara Fauzan dari Magelang baru bergabung sejak November 2021.

Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Pada Jumat ketiganya diterima oleh Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Ketiga pesepeda itu menuturkan, kisah mereka memasuki wilayah Thailand dari jalur Thailand selatan dengan jarak tempuh harian bersepeda rata-rata 50 km/hari, kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang ditempuh adalah 190 km/hari.

Seperti dilansi Antara, mereka bertiga pun bertemu dan dialog dengan Dubes Rachmat, seraya menuturkan keinginan mereka untuk dapat tiba di Makkah guna menunaikan ibadah haji.

Baca Juga: Kisah Warga Muhammadiyah Gowes Sepeda sampai Mekah untuk Haji, Rencana Lewati 8 Negara dalam 7 Bulan

Fauzan, Anak Muhammadiyah asal Magelang Jumpa Duo Nekat dari Gorontalo 

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Fauzan adalah salah satu warga Muhammadiyah yang berasal dari Magelang dan niat haji dengan bersepeda ke Makkah. 

Fauzan sudah merencanakan sepeda ke Makkah sejak lama. Ia bahkan sudah menghitung rute, jarak dan segala kemungkinan. Ia berniat ingin melaksanakan ibadah haji dengan menggowes sepeda hingga ke Makkah.


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x