Kompas TV internasional kompas dunia

Kemampuannya Dipertanyakan, Calon Dubes Malaysia untuk Indonesia Dikenal sebagai Sosok Kontroversial

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:06 WIB
kemampuannya-dipertanyakan-calon-dubes-malaysia-untuk-indonesia-dikenal-sebagai-sosok-kontroversial
Penunjukan Datuk Seri Tajuddin Abdul Rahman, 74 tahun, sebagai Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, dikritisi banyak kalangan di negeri jiran itu. (Sumber: Malaysiakini/Azneal Ishak)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

PETALING JAYA, KOMPAS.TV – Setelah netizen Malaysia ramai memprotes penunjukan duta besar Malaysia untuk Indonesia, sejumlah kalangan di negeri jiran itu juga melakukan hal serupa.

Seorang pemimpin UMNO mengkritisi penunjukan anggota parlemen Datuk Seri Tajuddin Abdul Rahman sebagai duta besar (dubes) Malaysia untuk Indonesia. 

Sang pengkritik, yang berbicara dalam syarat anonim, menyatakan pada Free Malaysia Today, Jumat (20/5/2022) bahwa seharusnya Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob dapat memilih figur yang kurang kontroversial. 

Lebih lanjut, ia menyatakan dapat memahami bahwa PM Ismail harus memilih kolega partai yang dapat ia percayai. Namun, menurutnya, Tajuddin tak dikenal punya kemampuan luar biasa. 

Baca Juga: Khawatir Bikin Malu, Netizen Malaysia Buat Petisi Tuntut Pembatalan Calon Dubes untuk Indonesia

Bahkan, katanya, kemampuannya dipertanyakan. Seperti terlihat saat Tajuddin menangani tabrakan yang melibatkan dua kereta LRT tahun lalu saat menjabat sebagai Ketua Prasarana.

“Dan mengapa perdana menteri perlu menunjuk anggota parlemen yang sedang menjabat saat mereka seharusnya melayani konstituen mereka?” tanyanya.

Menurutnya, tabiat kasar Tajuddin di Dewan Rakyat juga membuatnya tak layak untuk pekerjaan seorang diplomat.

Kendati begitu, ia menyebut bahwa penunjukan itu tak lantas berarti bahwa UMNO kembali ke cara lama dengan memberikan fasilitas dan posisi teratas di pemerintah kepada mereka yang memiliki hubungan politik.

“UMNO tetap di jalur untuk reformasi politik,” ujarnya merujuk partai terbesar dan tertua di Malaysia itu. 


Sumber : Free Malaysia Today

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x