Kompas TV nasional agama

Ada yang Kesurupan Nonton 'KKN di Desa Penari', Ini kata Ulama soal Jin-Setan Bisa Masuk ke Manusia

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 20:13 WIB
ada-yang-kesurupan-nonton-kkn-di-desa-penari-ini-kata-ulama-soal-jin-setan-bisa-masuk-ke-manusia
Poster film KKN di Desa Penari. Sejumlah orang dikabarkan mengalami kesurupan usai menonton film yang sudah menembus 7 juta penonton tersebut. (Sumber: Instagram/@kknmovie)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ustaz Ibnu Kharis, Lc. MA atau biasa disapa Ustaz Ahong menjelaskan soal fenomena yang viral kesurupan yang dialami sejumlah orang usai menonton film 'KKN di Desa Penari'.

Menurutnya, fenomena kesurupan ini bisa saja terjadi, lewat jin atau setan yang bisa memasuki manusia.

Ia pun menambahkan, apa yang terjadi belakangan ini kian membuktikan terkait adanya makhluk yang 'di samping' manusia, yakni setan dan jin.

“Fenomena kesurupan itu ada dalam Islam. Dalam riwayat, juga dalam Al-Qur’an dikisahkan tentang setan dan jin yang kita tidak bisa melihat. Nah, mereka ini masuk ke tubuh manusia,” paparnya kepada KOMPAS TV, Jumat malam (20/5/2022).

Ulama yang menerima anugerah Maarif Award 2020 sebagai Ustaz Inspiratif Digital itu lantas menjelaskan, biasanya mereka yang bisa kesurupan ini mungkin sedang ada 'sesuatu' dalam dirinya.

“Fenomena kesurupan itu biasanya ketika seseorang itu kosong pikirannya, ada sesuatu dalam dirinya dan mungkin sedang tidak mengingat Tuhan, ketika dia melamun misalnya,” tutur dia.

Ustaz Ahong juga menjelaskan, biasanya orang yang kesurupan tersebut merupakan orang yang sebelumnya juga pernah kesurupan.

"Anehnya juga di situ," katanya.

Baca Juga: Cerita Asli KKN Desa Penari Versi Widya dan Nur oleh SimpleMan, Bikin Merinding

Bagaimana Agar Tidak Kesurupan

Alumnus Pesantren Darusunnah, Ciputat itu juga menegaskan tentang kemungkinan kesurupan karena ulah jin atau setan. Ia pun mengutip hadis Nabi tentang jin-jin yang berada di sekitar manusia.

“Dalam hadis nabi meriwatkan dalam sahih muslim, setiap manusia didampingi Qorin-qorin dari jin. Terdiri dari jin baik dan bisa juga pendampingnya yang tidak baik,” tandasnya.

Maka dari itu, menurutnya bisa saja orang bisa kesurupan dari jin ataupun setan.

Untuk itulah, ia menganjurkan untuk sering-sering berzikir dan tidak membiarkan pikiran dalam kosong agar kejadian seperti kesurupan tidak terjadi. 

Viral Kesurupan usai Nonton KKN di Desa Penari

Di media sosial saat ini sendiri sedang viral adanya seorang yang menonton 'KKN di Desa Penari' yang kemudian kesurupan, bahkan seperti dikisahkan akun TikTok @supxy di sebuah bioskop, ada kejadian kesurupan hingga membuat pertunjukan film dihentikan sementara. 

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, 'KKN di Desa Penari' saat ini menjadi film dengan jumlah penonton horor terbanyak di Indonesia.

Per hari ini Jumat (20/5/2022) sudah ditonton lebih dari 7 juta orang dan kemungkinan bakal terus bertambah.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x