Kompas TV video vod

Viral! Perjuangan Warga Tolong Ibu Hamil 7 Bulan untuk Sampai Puskesmas karena Kesulitan Akses

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:50 WIB

Penulis : Kharismaningtyas

PAMEKASAN, KOMPAS.TV - Sebuah video yang direkam oleh warga memperlihatkan Zainiyah, warga Desa Tanjung, Pegantenan, Pamekasan Jawa Timur yang ditandu oleh dua orang serta didampingi oleh warga lainnya untuk menuju puskesmas.

Zainiyah dalam kondisi hamil 7 bulan. Ia ditandu sejauh 1 kilometer dari rumahnya karena akses jalan menuju puskesmas tidak bisa dilalui kendaraan baik motor maupun mobil.

Menggunakan kursi dengan tali yang diikatkan ke bambu, Zainiyah ditandu melewati jalan setapak, berbatu, licin dan menanjak oleh dua orang keluarganya.

Zainiyah dibawa ke puskesmas karena penyakit asam lambungnya kambuh dan mengalami demam.

Menurut warga, tak hanya Zainiyah yang ditandu untuk menuju puskesmas, warga dalam kondisi sakit parah akan selalu dibantu oleh masyarkat yang bergotong royong menandunya ke puskesmas.

Pihak puskesmas mengapresiasi masyarakat Pegantenan yang selalu bekerja sama dan tolong menolong setiap ada warga yang sakit dan harus segera mendapat pertolongan medis.

Kondisi Zainiyah pun kini dikabarkan sudah membaik, meski banyak yang menolong, warga berharap adanya pembangunan infrastruktur yang baik  agar warga yang tinggal di pelosok bisa memiliki akses yang mudah ke fasilitas kesehatan serta tidak bergantung pada tandu lagi. 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x