Kompas TV internasional kompas dunia

Demam Modifikasi Mobil Tua Jadi Bertenaga Listrik Melanda Inggris, Fungsional Bukan Cuma Gaya

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 15:07 WIB
demam-modifikasi-mobil-tua-jadi-bertenaga-listrik-melanda-inggris-fungsional-bukan-cuma-gaya
Land Rover klasik yang kini bertenaga listrik dan tetap bekerja dengan kemampuan dan jarak tempuh sesuai tujuan awal mobil ini didesain. Inggris saat ini demam konversi mobil tua menjadi bertenaga listrik, namun sengit perdebatan di antara penganut fanatik kaum puritan pecinta mobil tua murni. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV – Terselip di sebuah bengkel di bawah jalur Kereta Bawah Tanah London, sebuah mobil mengalami metamorfosis hijau saat mereka melepaskan silinder, busi, dan piston untuk mesin listrik.

"Kami tidak menciptakan CO2 yang berasal dari pembuatan mobil baru dan kami tidak membuang mobil tua yang masih benar-benar mantap. Ini sama-sama menguntungkan," kata Matthew Quitter, pendiri London Electric Cars.

London Electric Cars adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan lingkungan peraturan Inggris yang fleksibel dan memberi perhatian khusus pada mobil untuk membantu menumbuhkan sektor yang masih baru: Mobil listrik.

Di bengkel, semua jenis mobil terlahir kembali: Mini, Bentley, mobil tua, seperti station wagon Volvo yang berusia 20 tahun, dan beberapa mobil yang tidak terlalu tua, termasuk Fiat Multipla yang terlihat mirip platipus.

Beberapa keluarga beralih ke Quitter untuk menyelamatkan kendaraan kesayangan mereka dari mesin penghancur, sementara semakin banyak kota seperti London menaikkan biaya jalan untuk kendaraan tua dan lebih berpolusi.

"Mereka hanya ingin agar mereka tidak sampai harus membuang mobil ini (mobil-mobil tua kesayangan) karena mereka memiliki ikatan emosional," katanya.

"Anak-anak tumbuh di dalamnya dan malah ingin melihatnya terlahir kembali sebagai kendaraan listrik."

Baca Juga: Disebut Minati Bisnis Nikel Bahan Baterai Mobil Listrik, Elon Musk Kirim Tim ke Indonesia

Kokpit Land Rover konversi listrik yang masih sesuai aslinya, dengan penambahan fungsional dan modifikasi perangkat keselamatan sesuai perkembangan standar keamanan. Inggris saat ini demam konversi mobil tua menjadi bertenaga listrik, namun sengit perdebatan di antara penganut fanatik kaum puritan pecinta mobil tua murni. (Sumber: France24)

Biaya konversi mulai dari £30.000 (setara 35.000 euro atau 541 juta rupiah), setara dengan mobil listrik entry-level baru.

Kendaraan yang direnovasi memiliki jangkauan antara 80 dan 300 kilometer, tergantung pada ukuran baterai yang dipilih.

Ini lebih dari cukup ketika "90 persen hingga 95 persen perjalanan di dalam London berada di bawah enam mil," kata Quitter.

Mesin tua dapat disimpan, dijual kembali atau dihancurkan.

Sebagian besar kendaraan dilengkapi dengan mesin Nissan Leaf atau Tesla, dengan tujuan untuk tetap sedekat mungkin dengan performa asli mobil dan membantu menghindari penyesuaian rem atau transmisi.

Garasi London Electric Cars sudah mengubah tujuh mobil menjadi mobil listrik sejak dibuka pada tahun 2017, dan berharap untuk mengkonversi 10 mobil pada tahun 2022.

"Orang-orang menyadari mesin pembakaran berbahan bakar fosil adalah bencana, bau, penuh asap, membuat banyak keberisikan dan bertanggung jawab sebagian atas kerusakan iklim," kata Quitting.



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x