Kompas TV olahraga kompas sport

SEA Games 2021: Lanjutkan Dominasi, Eko Yuli Irawan Sukses Raih Medali Emas dari Angkat Besi

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 14:02 WIB
sea-games-2021-lanjutkan-dominasi-eko-yuli-irawan-sukses-raih-medali-emas-dari-angkat-besi
Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan berhasil menyumbangkan medali emas di SEA Games 2021, pada Jumat (20/5/2022). 

Medali emas ke-43 bagi Indonesia ini, diraih Eko dari nomor angkat besi 61 kg putra.

Adapun total beban angkatan yang mengantar Eko Yuli Irawan meraih medali emas SEA Games 2021 mencapai 290 kg, dengan rincian snatch 135kg dan clean and jerk 155kg.

Terkait hal ini, Eko bersyukur karena masih dapat melanjutkan dominasinya dalam persaingan angkat besi Asia Tenggara dengan kembali meraih medali emas kelas 61kg putra.

"Alhamdulillah bisa menyumbang emas lagi untuk Indonesia. Kapan pun dibutuhkan saya selalu siap membela Indonesia," kata Eko sebagaimana diwartakan Antara, Jumat.

Pada percobaan pertama angkatan snatch, lifter 32 tahun ini berhasil mencatatkan angkatan seberat 130kg. Eko juga dengan mulus melakukan angkatan 135kg di percobaan kedua.

Baca Juga: Link Live Streaming Voli SEA Games Hari Ini 20 Mei 2022, Indonesia vs Kamboja

Eko juga sempat mecoba mengangkat total beban 138kg pada kesempatan ketiga atau terakhir angkatan snatch. Namun dia gagal menuntaskan angkatan tersebut.

Meski begitu, dia tetap unggul pada kategori snatch dengan catatan terbaik yakni 135kg.

Sementara itu di angkatan clean and jerk, pada percobaan pertamanya seberat 155kg angkatan Eko Yuli dinyatakan tidak sah oleh juri karena setelah beban berhasil diangkat dia bergerak.

Pada kesempatan kedua, Eko berhasil menuntaskan angkatan tersebut dan memastikan medali emas kelas 61kg yang juga emas pertama angkat besi Indonesia.

Sementara itu, medali perak diraih lifter Malaysia Muhammad Aznil Abidin dengan angkatan snatch seberat 127kg dan clean and jerk dengan angkatan 160kg. Sehingga total angkatan Aznil Abidin mencapai 287kg.

Medali perunggu diamankan Ngoc Trung Nguyen dari Vietnam dengan total angkatan 286kg, rinciannya snatch 132kg dan clean and jerk 154kg.

Baca Juga: 5 Fakta Menyebalkan usai Timnas U23 Dikalahkan Thailand, 31 Tahun Puasa Emas SEA Games Berlanjut



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.