Kompas TV video vod

Peru Tingkatkan Kewaspadaan Kesehatan Terhadap Wabah Cacar Monyet

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:25 WIB

Penulis : Prayogi Haro

PERU, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Peru Jorge López mengatakan pada Rabu bahwa pihak berwenang sedang mempersiapkan langkah-langkah untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah merebaknya kasus cacar monyet di Eropa dan AS.

Peringatan itu akan mulai berlaku pada hari Jumat, tetapi bandara sedang menguji penumpang yang menunjukkan gejala penyakit, katanya.

Meskipun belum ada kasus yang terdeteksi di negara Andes, Lopez menggambarkan peringatan itu sebagai tindakan pencegahan. Wabah cacar monyet, penyakit virus, biasanya terbatas di Afrika.

Baca Juga: Jenderal TNI Dudung Abdurachman : Kehadiran Kedua Satuan Ini Merupakan Hal Yang Sangat Strategis

Cacar monyet biasanya menyebabkan demam, menggigil, ruam dan luka di wajah atau alat kelamin yang mirip dengan cacar. Vaksin yang dikembangkan untuk melawan cacar telah disetujui untuk cacar monyet, dan beberapa anti-virus juga tampaknya efektif.

Kebanyakan orang sembuh dari cacar monyet dalam beberapa minggu, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan penyakit itu fatal bagi satu dari 10 orang yang terinfeksi.Kasus cacar monyet yang sporadis telah terlihat sebelumnya di negara-negara termasuk Inggris dan AS, tetapi hampir semuanya terjadi pada orang yang kemungkinan terinfeksi selama perjalanan mereka di Afrika.

Video Editor : Firmansyah


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x