Kompas TV video vod

Jenderal TNI Dudung Abdurachman : Kehadiran Kedua Satuan Ini Merupakan Hal Yang Sangat Strategis

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 13:17 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya Jayanta (Yon Arhanud 9/AWJ), dan Batalyon Artileri Medan 20/155 GS/Bhadika Yudha (Yon Armed 20/155 GS/BY). Peresmian tersebut dilakukan pada hari kedua kunjungan Kasad di Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (19/5/2022).

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan kedua Batalyon tersebut. Mulai dari tahap perencanaan hingga selesai dan siap operasional serta diresmikan seperti sekarang ini.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penularan Virus Cacar Monyet yang Kasusnya Meningkat di Inggris

Menurut Kasad dengan perkembangan lingkungan strategis, serta ancaman aktual dan potensial yang ada terhadap NKRI, maka kekuatan pertahanan yang mampu melindungi wilayah negara Indonesia, mutlak diperlukan. Kasad menambahkan, keberadaan kedua satuan baru ini sangat bernilai strategis. Selain untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), keduanya juga diharapkan dapat membantu akselerasi pembangunan dan perekonomian wilayah setempat, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Peresmian kedua satuan baru tersebut dilaksanakan di Yon Arhanud 9/AWJ yang bermarkas di Kelurahan Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kota Kupang, NTT. Usai memimpin langsung upacara peresmian satuan baru, Kasad melanjutkan kegiatan dengan meninjau asrama dan bangunan di satuan yang namanya bermakna “Dengan Kecerdasan Akan Membawa Kemenangan di Angkasa” ini. Selanjutnya, Kasad beserta rombongan bergerak ke Yon Armed 20/155 GS/BY yang bermarkas di Kota Oelamasi, Kupang, NTT, untuk meninjau pangkalan serta memberikan pengarahan kepada prajurit.(Dispenad)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x