Kompas TV nasional agama

Menko PMK: Calon Jemaah Haji yang Belum Vaksinasi Covid-19 Lengkap Tidak Diberangkatkan

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:42 WIB
menko-pmk-calon-jemaah-haji-yang-belum-vaksinasi-covid-19-lengkap-tidak-diberangkatkan
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyebut calon jemaah haji yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, tidak bisa diberangkatkan ke tanah suci. (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, calon jemaah haji yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, tidak bisa diberangkatkan ke tanah suci.

Menurut penjelasannya, ketentuan wajib vaksinasi dosis lengkap ini merupakan ketentuan langsung dari pemerintah Arab Saudi.

“Minimal calon jamaah sudah vaksin dosis lengkap (2 dosis), syukur-syukur booster sudah semua. Untuk yang belum divaksinasi dosis lengkap, ya batal, tidak diberangkatkan, sampai terdaftar sudah memiliki vaksinasi lengkap,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022). 

Menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), baru sekitar 76 persen calon jemaah haji yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dua dosis.

Sementara itu, masih ada sekitar 17 ribu calon jemaah haji yang belum mendapatkan vaksin dosis lengkap.

Melihat hal ini, Muhadjir mengatakan, pemerintah akan mempercepat vaksinasi bagi calon jemaah haji yang belum mendapatkan vaksin.

“Memang masih ada juga yang belum divaksin, ada kemungkinan karena registrasi itu sekitar 17 ribu jamaah dan itu yang akan kita tuntaskan bersama Menkes. Makanya kita kebut vaksinasi dalam beberapa hari untuk calon jamaah haji,” jelasnya. 

Baca Juga: Jemaah Haji 2022 akan Ditempatkan ke 5 Sektor di Arab Saudi

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah siap melayani para calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun 2022.

Adapun pemerintah, kata Muhadjir, sudah menyiapkan berbagai skema keberangkatan haji, termasuk protokol kesehatan penyelenggaraan haji pada masa pandemi Covid-19 seperti vaksinasi. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x