Kompas TV nasional kesehatan

Apa Itu Cacar Monyet dan Gejala Monkeypox yang Diperingatkan WHO

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 12:26 WIB
apa-itu-cacar-monyet-dan-gejala-monkeypox-yang-diperingatkan-who
Gejala cacar monyet (monkeypox) yang tengah menyebar di Inggris. (Sumber: live Mint)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan mengenai kasus virus cacar monyet (monkeypox).

Penderita cacar monyet ini sebagian besar terdeteksi di London, kini 9 orang dilaporkan terjangkit virus.

Pejabat kesehatan Inggris sedang mendeteksi penyebab wabah, kantor berita Xinhua melaporkan, dikutip Jumat (20/5/2022).

"Berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, infeksi tampaknya diperoleh secara lokal di Inggris. Tingkat penularan lokal tidak jelas pada tahap ini dan ada kemungkinan identifikasi kasus lebih lanjut," ujar pihak WHO.

Kasus pertama kali dilaporkan di Inggris pada pada 7 Mei 2022. Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan pasien baru-baru ini pergi ke Nigeria dan diyakini telah tertular virus sebelum pulang ke Inggris.

Baca Juga: Infeksi Cacar Monyet Menyebar di Eropa dan Amerika Utara, Ada Banyak Rantai Penularan

Peningkatan kasus cacar monyet baru-baru ini telah dilaporkan di Inggris (7), Portugal (5) dan Spanyol (20) dengan penyelidikan kasus tambahan sedang berlangsung. 

Apa Itu Cacar Monyet?

Monkeypox adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan dari hewan ke manusia) dengan gejala yang sangat mirip dengan cacar, meskipun secara klinis tidak terlalu parah

Cacar monyet pertama kali diidentifikasi pada manusia pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo pada seorang anak laki-laki berusia 9 tahun.

Sejak 2017, Nigeria telah mengalami wabah besar, dengan lebih dari 500 kasus yang dicurigai dan lebih dari 200 kasus yang dikonfirmasi dan rasio kematian kasus sekitar 3 persen.



Sumber : WHO, Xinhua

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x