Kompas TV regional berita daerah

Sapi Terinfeksi PMK Melahirkan dengan Selamat

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 10:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Seorang petugas kesehatan hewan di Kabupaten Lumajang Jawa Timur berhasil membantu seekor sapi melahirkan dalam keadaan sakit. Sapi itu diketahui terjangkit penyakit mulut dan kuku.

Sapi milik Zein, warga Desa Bades Kecamatan Pasirian merintih kesakitan karena akan melahirkan dalam kondisi terinfeksi penyakit mulut dan kuku. Beruntung petugas kesehatan setempat segera datang melakukan penanganan darurat.

Selang beberapa menit, sapi itu berhasil melahirkan dengan selamat. Sapi itu sudah 15 hari mengalami gejala penyakit mulut dan kuku. Mulai tidak bisa berdiri, mengeluarkan air liur terus menerus dan susah makan.

Baca Juga: Kisah Peternak Sapi di Lumajang Berjuang Mengatasi Wabah PMK

Sapi itu bisa melahirkan, meski dalam keadaan sakit, karena kondisi fisiknya memungkinkan. Sebelumnya, di kandang itu, seekor sapi mati akibat terjangkit wabah PMK. Sang pemilik langsung menguburnya agar tidak menularkan virus ke sapi lainnya.

 

#Sapi #Melahirkan #Wabah #PenyakitMulutdanKuku



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.