Kompas TV nasional politik

Harkitnas 2022, Puan Sampaikan Pesan Bung Karno Ajak Pemuda Indonesia Rawat Persatuan

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 10:36 WIB
harkitnas-2022-puan-sampaikan-pesan-bung-karno-ajak-pemuda-indonesia-rawat-persatuan
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sumber: Dok. Humas BPIP)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh pemuda di Indonesia untuk merawat persatuan yang digagas para pendiri bangsa seperti pesan yang selalu digaungkan bapak proklamator atau presiden RI ke-1 Soekarno.

Hal ini sebagai bentuk rasa syukur dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

"Pada 20 Mei 1948, Bung Karno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Semangat nasionalisme itu yang harus selalu kita jaga dalam membangun bangsa dan negara sehingga Indonesia bisa menjadi hebat,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022). 

Menurut dia, dengan gotong royong seluruh elemen bangsa, Indonesia bisa segera bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tak Boleh Ada yang Tertinggal dan Tersisihkan

“Mari kita bersama meresapi makna Hari Kebangkitan Nasional dengan terus memperkokoh semangat gotong royong dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya. 

Politikus PDIP itu menilai, kerja sama yang telah dilakukan seluruh anak bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil positif mengingat kini Indonesia sudah bersiap memasuki masa endemi.

“Peringatan Harkitnas harus menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk segera bangkit dari Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk bersyukur karena situasi pandemi Covid-19 sudah jauh lebih baik dibandingkan dua tahun lalu. Ia mengatakan, sejak pandemi Covid-19 melanda, seluruh rakyat Indonesia menjalani kehidupan dalam kondisi yang penuh keprihatinan.

Ganasnya virus Corona cukup banyak merenggut orang-orang terdekat. Belum lagi tak sedikit rakyat Indonesia yang kehilangan mata pencaharian dan penghasilan selama pandemi Covid-19 melanda.

“Pembatasan mobilitas masyarakat juga berdampak pada kesehatan mental sebagian masyarakat. Desakan kebutuhan hidup di tengah himpitan situasi ekonomi yang belum membaik, tak jarang menimbulkan konflik dan kekerasan di dalam keluarga,” sebut Puan.

Mantan Menko PMK itu mengatakan, perekonomian nasional selama ini bisa bertahan karena adanya kebijakan pemerintah yang didukung penuh oleh DPR RI dengan mengalokasikan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional yang cukup besar.

Menurut Puan, anggaran tersebut tak hanya ditujukan bagi kalangan pelaku usaha tapi juga difokuskan sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak langsung.

Baca Juga: Kisah Hari Kebangkitan Nasional, Dirintis Para Mahasiswa Kedokteran di Ruang Bedah Anatomi

“Saat ini, sektor industri, pertanian, pariwisata, hingga ekonomi kreatif mulai menunjukkan pergerakan ke arah yang positif. Semangat untuk bangkit perlu terus dikobarkan demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia."

“Berkat kerja keras seluruh rakyat Indonesia yang terus mau saling mendukung, bergotong royong, tantangan seberat apa pun mampu kita lalui bersama,” kata Puan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.