Kompas TV video vod

Ngeri! Seorang Ibu Hamil Terpaksa Ditandu ke Puskesmas Karena Jalanan Rusak

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 09:53 WIB
Penulis : Prayogi Haro

PAMENGKASAN, KOMPAS.TV - Video memperlihatkan seorang ibu bernama Zainiyah, warga desa Tanjung, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang terpaksa ditandu sejauh satu kilometer lebih untuk menuju puskesmas terdekat, video ini viral di media sosia.

Menggunakan kursi dengan tali yang diikatkan ke bambu, Zainiyah ditandu melewati jalan setapak, berbatu, licin dan menanjak, oleh dua orang keluarganya. Zainiyah terpaksa dilarikan ke Puskesmas, karena penyakit asam lambungnya kambuh dan kondisinya sedang hamil tujuh bulan. Sejak dulu, setiap kali ada orang desa setempat sakit, warga selalu bergotong royong menandunya ke puskesmas. Sebab akses jalannya rusak, tidak bisa dilalui kendaraan. Baik roda empat, maupun roda dua.

Baca Juga: Truk Tabrak Pemotor Usai Terobos Lampu Merah, 2 Orang Terluka

Kepala Puskesmas membenarkan, bahwa ada seorang perempuan hamil yang ditandu untuk mendapat perawatan medis. Sebab jalannya rusak dan menanjak serta sulit di akses oleh kendaraan. Setelah ditangani oleh Dokter Puskesmas, Zainiyah diinfus untuk menghindari dehidrasi dan memulihkan kondisi tubuhnya.

Saat ini, kondiai Zainiyah mulai membaik. penyakit asam lambungnya mulai pulih dan kondisi bayi yang dikandungnya aman. Warga berharap, pembangunanan infrastruktur jalan bisa merata hingga ke pelosok desa, agar ke depan jalan yang di desanya bisa di lewati oleh kendaraan dengan mudah dan warga yang akan berobat ke puskesmas tidak perlu ditandu lagi.

Video Editor : Firmansyah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x