Kompas TV regional peristiwa

Jelang Pernikahan Idayati-Anwar Usman, KUA Siapkan Teks Ijab Kabul Dua Bahasa untuk Jokowi

Jumat, 20 Mei 2022 | 09:53 WIB
jelang-pernikahan-idayati-anwar-usman-kua-siapkan-teks-ijab-kabul-dua-bahasa-untuk-jokowi
Adik Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman akan menikah pada 26 Mei 2022 mendatang. (Sumber: Antara/HO-Dokumentasi pribadi)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV — Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah telah menyiapkan dua teks ijab kabul berbahasa Indonesia dan Jawa.

Teks tersebut disiapkan untuk Presiden Joko Widodo dalam pernikahan adiknya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Dalam momen itu, Jokowi sendiri bertindak sebagai wali nikah Idayati.

"Kemarin itu dari utusannya (Bapak Presiden Jokowi) minta dibuatkan teks ijab kabul. Terus saya buatkan teksnya dari bahasa Indonesia dan Jawa," kata Kepala KUA Kecamatan Banjarsari Solo Arba'in Basya seperti dikutip Kompas.com, Jumat (20/5/2022).

Sebagai informasi, pernikahan Idayati dengan Anwar Usman akan dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana Jalan Letjen Suprapto No 80-B, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo pada Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Jokowi Akan Jadi Wali Nikah Adiknya Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman

Menurut Arba'in, dua teks sengaja dipersiapkan sehingga nanti bisa dipilih salah satu untuk dibacakan pada saat prosesi ijab kabul berlangsung.

"Nanti tinggal milih saja. Mau yang bahasa Indonesia monggo, bahasa Jawa monggo," ungkapnya.

Meski disiapkan dua bahasa, ia menyebut selama ini paling banyak teks yang digunakan dalam ijab kabul merupakan berbahasa Indonesia karena mudah dimengerti.

Namun, pihaknya menyiapkan dalam bahasa Jawa untuk mengantisipasi pilihan itu akan digunakan.

"Paling banyak ijab kabul pakai bahasa Indonesia. Tapi saya siapkan bahasa Jawa andaikan nanti menghendaki bahasa Jawa saya siapkan," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan rencana prosesi ijab kabul Idayati dengan Anwar Usman akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Namun, persiapan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Adapun yang bertindak sebagai wali nikah dari Idayati, lanjutnya, ialah Jokowi selaku kakak kandung.

"Insya Allah yang menikahkan beliau sendiri Bapak Jokowi. Karena sebagai walinya, kakaknya ibu Ida kan Bapak Jokowi. Makanya kemarin minta dibuatkan teksnya saya buatkan," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Minta Pernikahan Idayati dengan Anwar Usman Tidak Dikaitkan dengan Politik



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x