Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Cacar Monyet Meluas di Eropa, Spanyol Laporkan Tujuh Kasus

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 06:19 WIB
kasus-cacar-monyet-meluas-di-eropa-spanyol-laporkan-tujuh-kasus
Spanyol melaporkan tujuh kasus cacar monyet dan Portugal memperbarui jumlah kasus yang dikonfirmasi menjadi 14,  hari Kamis, (19/5/2022),  ketika wabah penyakit virus yang biasanya terbatas di Afrika meluas di Eropa. (Sumber: Indian Express)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

MADRID, KOMPAS.TV - Spanyol melaporkan tujuh kasus cacar monyet dan Portugal memperbarui jumlah kasus yang dikonfirmasi menjadi 14  pada i Kamis, (19/5/2022),  ketika wabah penyakit virus yang biasanya terbatas di Afrika meluas di Eropa, seperti laporan Associated Press, Kamis, (19/5/2022)

Di Spanyol, semua kasus yang dilaporkan hingga saat ini melibatkan pria di Madrid, kata para pejabat kesehatan Spanyol yang saat ini sedang menguji 22 kasus lain yang dicurigai, kata Antonio Zapatero dari departemen kesehatan regional.

"Ada kemungkinan lebih banyak kasus akan muncul dalam beberapa hari mendatang," kata Zapatero kepada jaringan radio Spanyol Onda Cero.

Para pejabat Spanyol mengatakan semua kasus yang diidentifikasi sejauh ini ringan dan infeksi itu tampaknya terkait dengan kontak dekat di antara dua rantai penularan.

Tidak ada rincian yang diberikan apakah orang-orang itu telah melakukan perjalanan ke Afrika atau apakah kasus-kasus itu terkait dengan kasus-kasus lain yang dilaporkan di seluruh Eropa.

Pihak berwenang Portugis mengatakan hari Kamis, 14 kasus yang dikonfirmasi di negara itu semuanya dilaporkan di daerah sekitar ibu kota Lisbon.

Baca Juga: Kanada Pantau Terduga 13 Kasus Cacar Monyet, Setelah Puluhan di Eropa Terpantau di Kalangan Pria Gay

Cacar monyet sebelumnya tidak didokumentasikan menyebar melalui hubungan seks, tetapi dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, pakaian atau seprai mereka.(Sumber: NPR)

Sementara itu, jumlah kasus yang dikonfirmasi di Inggris naik menjadi 9 kasus. Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan hari Rabu, kasus-kasus baru-baru yang dilaporkan minggu ini terlihat "terutama pada gay, biseksual atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki," meskipun mencatat tidak jelas bagaimana tepatnya mereka terinfeksi.

Di Roma, Rumah Sakit Lazzaro Spallanzani hari Kamis mengatakan telah memastikan satu kasus cacar monyet pada pasien yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Kepulauan Canary Spanyol.



Sumber : Kompas TV/Assocoated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x