Kompas TV video sinau

Mudah Tangani Tantrum Anak dengan Cara Berikut Ini, Pelukan Hangat dapat Menenangkan Si Kecil!

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 12:50 WIB
Penulis : Arief Rahman

KOMPAS.TV - Anak yang mengalami tantrum sering meluapkan emosi secara berlebih. Mulai dari meronta, berteriak, menangis, bahkan menghentakkan kaki maupun tangan ke lantai.

Tantrum pada anak tidak boleh dibiarkan terus-menerus, karena berdampak buruk dan berpengaruh pada perkembangan anak.

Namun, mengatasi tantrum dengan cara kurang tepat juga dapat berdampak serupa. Sehingga diperlukan langkah tepat untuk menanganinya.

Dikutip dari alodokter.com, berikut 4 cara yang bisa orang tua coba untuk menghentikan tantrum anak:

  1. Tetap Tenang
    Saat anak tantrum, jangan dibalas dengan berteriak atau memaksa anak menghentikan amukannya. Sebaliknya, dibutuhkan sikap tenang orang tua agar lebih mudah mengatasi tantrum pada si kecil.
  2. Cari Tahu Penyebab Tantrum Anak
    Jika si kecil belum bisa berbicara, salah satu cara mengenali penyebabnya adalah dengan menanyakan secara langsung kepada anak. Mungkin anak tidak menjawab secara lisan, namun dia akan merespon dengan anggukan atau gelengan.
  3. Alihkan Perhatian Anak
    Anak kecil sangat mudah melupakan sesuatu dan tertarik padahal baru. Ini bisa dimanfaatkan orang tua untuk mengalihkan perhatiannya saat tantrum.
  4. Jangan Gunakan Kekerasan
    Kekerasan akan membuat anak meniru tindakan tersebut ketika menyampaikan keinginannya. Sebagai gantinya, orang tua bisa memeluk atau mencium anak untuk menenangkan emosinya.

Baca Juga: Orangtua Harus Tahu! Ini Dampak Buruk Membentak Anak

Jika tantrum pada anak terlalu sering bahkan cenderung menyakiti secara fisik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak untuk mendiskusikan dan mencari cara tepat untuk menanganinya.



Sumber : Alodokter

BERITA LAINNYA



Close Ads x