Kompas TV religi beranda islami

Salat Istikharah: Waktu, Niat, Doa dan Tata Cara agar Mendapatkan Petunjuk Allah SWT

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 06:10 WIB
salat-istikharah-waktu-niat-doa-dan-tata-cara-agar-mendapatkan-petunjuk-allah-swt
Ilustrasi salat istikharah. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salat Istikharah adalah salat sunah yang sangat dianjurkan apabila kita ingin mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Menurut Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar Salat Istikharah sangat dianjurkan (sunah) pada semua perkara yang memiliki beberapa alternatif. Misalnya, soal pekerjaan dan memilih dua hal atau soal-soal yang membuat kita bingung memilih. 

Hal ini sebagaimana hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang Salat Istikharah jika kita ingin mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Sabda Nabi Muhammad: Jika di antara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (salatlah) dua rakaat : kemudian berdoa…(HR. Bukhari)

Satu hal yang perlu digarisbawahi, petunjuk ini adalah murni hak prerogratif Allah SWT. Tugas manusia hanyalah berusaha, salah satunya dengan meminta petunjuk Allah SWT atas perkara yang membuat kita bingung. 

Adapun waktunya sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun para ulama menganjurkan untuk melakukannya pada malam hari seperti halnya salat tahajud atau salat hajat.

Sedangkan ciri-ciri jika mendapatkan petunjuk berdasarkan hasil dari Istikharah tersebut adalah, seorang yang mengamalkan salat ini biasanya mendapatkan mimpi ataupun punya ketetapan hati.

Para ulama juga menganjurkan, melakukan salat istikharah tidak lantas sekali lagi saja, melainkan bisa tiga kali atau lebih guna memantapkan hati agar tidak ragu. Dan, tentu saja mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa Salat Tahajud yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Tata Cara Salat Istikharah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x