Kompas TV internasional kompas dunia

Aparat Republik Demokratik Kongo Sita 1,5 Ton Gading Gajah, setara 150 Gajah Afrika Dewasa

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 20:43 WIB
aparat-republik-demokratik-kongo-sita-1-5-ton-gading-gajah-setara-150-gajah-afrika-dewasa
Aparat Republik Demokratik Kongo menyita 1,5 ton gading gajah yang setara hingga 150 gajah Afrika dewasa, salah satu tangkapan terbesar beberapa tahun terakhir. (Sumber: Mongabay)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LUBUMBASI, KOMPAS.TV – Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo bagian tenggara menyita satu setengah (1,5) ton gading gajah, kata pejabat hukum dan lingkungan negara itu, Kamis (19/5/2022).

Melansir France24, penyitaan pada 14 Mei lalu itu adalah salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu diungkapkan Adams Cassinga, yang mengepalai Conserv Congo, sebuah LSM yang memerangi perdagangan satwa liar dan yang mengambil bagian dalam operasi tersebut.

Seperti dilansir Mongabay, Kamis (19/5), gading yang disita diperkirakan bernilai US$6 juta atau senilai hampir Rp88 miliar.

Pihak berwenang menangkap tiga orang, yang diyakini sebagai anggota salah satu jaringan perdagangan satwa liar utama di wilayah tersebut. Jaringan tersebut terkait dengan penyelundupan 20 metrik ton gading dalam lima tahun terakhir saja.

Penyitaan terbaru itu mewakili lebih dari 150 gajah yang dibunuh untuk diambil gadingnya, kata Cassinga. Gading tersebut berasal dari negara-negara di Afrika Selatan, yang mengalami lonjakan perdagangan gading pada tahun 2000-an, didorong oleh permintaan dari Asia, khususnya China.

Petugas menemukan gading yang diselundupkan di atas truk di kota Lubumbashi pada Sabtu (14/5) lalu, menurut seorang pejabat hukum yang menolak disebutkan namanya karena terlibat dalam penyelidikan yang sedang berlangsung atas peristiwa tersebut.

Polisi menangkap lima orang, tetapi dua melarikan diri setelah diinterogasi, kata pejabat itu. Ia menambahkan, jumlah yang disita total mencapai 1,5 ton.

Baca Juga: Pentolan Pemburu Gading Gajah dan Cula Badak Afrika di Ekstradisi ke Amerika Serikat

Aparat Republik Demokratik Kongo menyita 1,5 ton gading gajah yang setara hingga 150 gajah Afrika dewasa, salah satu tangkapa terbesar beberapa tahun terakhir (Sumber: Mongabay)

Baik asal maupun tujuan akhir yang dituju dari gading tersebut masih belum jelas.

Sabin Mande, seorang pengacara untuk koalisi kelompok lingkungan seperti dikutip France24 mengatakan, dia melihat 18 karung gading yang disita di kantor kejaksaan di Lubumbashi pada hari Rabu.

Selundupan itu mewakili 80 hingga 150 gajah yang dibunuh, katanya.

Penyitaan tersebut menandai salah satu yang terbesar di Afrika dalam beberapa tahun. Pada 2013, pejabat Kenya melakukan beberapa penyitaan termasuk satu dari empat ton total yang disita.

Pihak berwenang Togo juga menyita empat ton gading gajah selama satu minggu operasi tahun 2014.

Pada tahun 2019, pejabat Vietnam menemukan lebih dari sembilan ton gading gajah dalam impor yang membawa kayu dari Republik Kongo, juga dikenal sebagai Kongo-Brazzaville, dalam penyitaan gading gajah terbesar baru-baru ini di seluruh dunia.

China dan Asia Tenggara adalah pasar utama gading Afrika, yang terutama digunakan untuk pengobatan tradisional.

 



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x