Kompas TV nasional hukum

AF Kernet Bus Pariwisata Ardiansyah Ditetapkan sebagai Tersangka Kecelakaan Maut di Tol Sumo

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 20:15 WIB
af-kernet-bus-pariwisata-ardiansyah-ditetapkan-sebagai-tersangka-kecelakaan-maut-di-tol-sumo
Bus membawa 25 penumpang menabrak papan reklame dan terguling di tol Surabaya-Mojokerto, Senin (16/5/2022). 13 orang meningga dunia akibat peristiwa itu. (Sumber: Antara )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

SURABAYA, KOMPAS.TV - Dirlantas Polda Jawa Timur menetapkan Ade Firmansyah (29) sebagai tersangka kecelakaan maut bus pariwisata Ardiansyah di Kilometer 712+400 jalur A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada Senin (16/5/2022).

Ade Firmansyah, yang sebelumnya disebut sebagai sopir cadangan ini diketahui seorang kernet.

Tersangka tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), namun sudah bisa mengendarai bus sejak 2018.

Bus berpenumpang 34 orang yang dikendarainya menabrak variable message sign (VMS) hingga mengakibatkan 15 penumpang tewas dan 18 penumpang lain luka-luka.

Baca Juga: Korban Tewas Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Tol Sumo Bertambah Satu Orang

Wadirlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang Wibowo menjelaskan, penetapan AF sebagai tersangka setelah penyidik melakukan gelar perkara.

"Hasil gelar perkara hari ini, sopir bus Ardiansyah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Didit di Mapolda Jatim, Kamis (19/5/2022) dikutip dari Kompas.com.

Didit menambahkan, atas perbuatannya, AF dijerat Pasal 310 dan 311 ayat 3 Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman di atas 5 tahun penjara.

Pemeriksaan AF hingga menjadi tersangka membutuhkan waktu karena masih mendapat perawatan geger otak ringan akibat kecelakaan.

Baca Juga: Istri Belum Tahu Sang Suami Meninggal dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Mojokerto

Menurut Didit, penyidik baru mendalami soal kecelakaan. Untuk dugaan penggunaan narkoba yang ditemukan dari tes urine AF akan di dalami oleh Ditresnarkoba Polda Jatim.

Tidak menutup kemungkinan tersangka AF akan dikenakan pasal berlapis terkait penyalahgunaan narkoba.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.