Kompas TV video vod

Terbaru! Presiden Jokowi Resmi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng, Ini Alasannya...

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:30 WIB

Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV – Presiden Jokowi resmi mengizinkan kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022 nanti.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit, baik petani pekerja dan tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” ungkap Presiden Jokowi.

Pernyataan mengenai pencabutan larangan ekspor minyak goreng  tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi hari ini, Kamis (19/5/2022), secara virtual.

Sebelumnya, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: TNI Salurkan BLT Minyak Goreng untuk PKL, Pedagang Warung dan Nelayan Sebesar Rp300 Ribu!

“Berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan yang saya terima, alhamdulillah pasokan minyak goreng terus bertambah. Kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194 ribu ton per bulan,” terang Presiden Jokowi.

Pada bulan Maret, sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan minyak goreng nasional hanya mencapai 64,5 ribu ton.

Namun, setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan minyak goreng nasional mencapai 211.000 ton per bulan, melebihi kebutuhan nasional bulanan.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x